Karma Body Kit.jpg

Body Kit Lamborghini Aventador Buatan Lokal Mejeng di IMX 2019

Sabtu, 28 September 2019 18:00 | Galih Pratama

OTONEWS – Ajang modifikasi Indonesia Modification Expo (IMX) 2019 dimanfaatkan Karma Body Kit, produsen body kit aftermarket asal Indonesia untuk meluncurkan produk terbarunya. Kali ini, mereka menampilkan paket tambahan eksterior untuk Lamborghini Aventador.

“Tahun lalu, kami menawarkan body kit Toyota 86, dan telah mendapatkan respons positif. Kini, kami tawarkan produk body kit untuk Lamborghini Aventador,” ungkap Kiki Anugraha, pendiri Karma Body Kit, di Jakarta, Sabtu (28/9/2019).

Body kit Lamborghini Aventador ini merupakan produk ke-12 dari Karma Body Kit sejak pertama kali hadir di industri aftermarket otomotif Tanah Air. Mengusung konsep wide body, rancangan body kit Aventador dari Karma terdiri dari 12 komponen perubahan. Mulai dari bumper depan, splitter, fender, side skirt, bumper belakang, sampai diffuser.

Eskterior Body Kit lamborghini aventador.jpg

[Baca Juga: 50 Mobil Modifikasi Terbaik Bakal Mejeng di IMX 2019]

Sedangkan bahan dasar yang digunakan pun tak main-main. Karma Body Kit menggunakan FRP (Fibre-reinforced Plastic) yang memiliki grade tertinggi di kelasnya. “Banyak memang bahan FRP, tapi yang kita gunakan body kit ini yang grade A+,” kata Kiki.

Untuk merancang body kit tersebut, Karma Body Kit bekerja sama dengan beberapa distributor mereka dari Kanada dan Amerika Serikat. Sedangkan produksinya sendiri, Karma Body Kit melakukannya di dalam negeri, tepatnya di Bandung yang juga menjadi workshop mereka.

Bemper Depan Lamborghini Aventador.jpg

Mengenai harga, Karma Body Kit membanderol satu paket body kit Lamborghini Aventador dengan harga sekitar 25.000 dollar AS atau setara dengan Rp350 juta.

Rambah Pasar Luar Negeri

Tak hanya diminati di dalam negeri, body kit Karma juga telah diekspor ke beberapa negara. Bisa dibilang Karma menjadi salah satu pioner produsen body kit Indonesia yang mampu mengeskpor body kit lokal ke luar negeri. “Dari 12 produk yang telah dibuatnya, sebagian besar justru diminati di luar negeri. 5 kami jual di Indonesia, dan sisanya 7 kita jual di Amerika Serikat,” kata Kiki.

Body Kit Karma.jpg

Bahkan, untuk body kit teranyarnya untuk Lamborghini Aventador, Kiki mengaku, pihak distributor asal Kanada dan Amerika Serikat dipastikan akan memboyongnya. “Pasar ekspor kami memang lebih banyak ke Amerika Serikat. Ada juga ke Dubai, Australia, Filipina, dan lainnya,” ungkapnya.

Bagi yang tertarik memodifikasi dengan body kit buatan Karma, pemesanan bisa melalui email ataupun datang langsung ke workshop mereka di Bandung, Jawa Barat. “Karena pasarnya sampai luar, bisa pesan lewat email,” ujarnya.

[Baca Juga: 5 Fakta Menarik Lamborghini]

Di sisi lain, Kiki berharap kehadiran Karma Body Kit di pasar aftermarket modifikasi Indonesia, mereka bisa dikenal luas dan mampu bersaing dengan produk body kit di luar negeri. “Buatan dalam negeri sebenarnya tak kalah dengan luar. Buktinya kami bisa diterima di pasar ekspor. Makanya, khusus masyarakat Indonesia banggalah dengan produk buatan dalam negeri,” tutupnya.