KARMA Body Kit.jpg

Body Kit KARMA Buatan Lokal Makin Diminati Dunia

Senin, 11 November 2019 10:00 | Galih Pratama

OTONEWS – Body kit karya anak bangsa, KARMA Body Kit kembali menerima kepecayaan dari salah satu modifikasi terbesar DSG Performance untuk menjadi exclusive dealership body kit terbaru di ajang SEMA Show 2019. Body kit tersebut adalah KARMA Aventador yang belum lama ini diluncurkan di Indonesia Modification Expo (IMX) 2019.

Nantinya, konsumen yang datang dari Amerika Serikat dan Amerika Utara bisa memesan KARMA Body Kit-nya melalui DSG Performance. Bahkan, mereka bisa sekaligus menyediakan jasa pemasangan sesuai standarisasi KARMA Body Kit. Hal tersebut merupakan salah satu bukti bagaimana produk modifikasi dari Indonesia dapat diterima dunia.

Body kit KARMA memang telah diekspor ke beberapa negara. Bisa dibilang KARMA menjadi salah satu pioneer produsen body kit Indonesia yang mampu mengekspor body kit lokal ke luar negeri. “Dari 12 produk yang telah dibuatnya, sebagian besar justru diminati di luar negeri. 5 kami jual di Indonesia, dan sisanya 7 kita jual di Amerika Serikat,” kata Kiki Anugraha, Pendiri KARMA Body Kit beberapa waktu lalu.

[Baca Juga: Body Kit Lamborghini Aventador Buatan Lokal Mejeng di IMX 2019]

Eskterior Body Kit lamborghini aventador.jpg

Untuk body kit teranyarnya untuk Lamborghini Aventador, Kiki mengaku, selain Amerika Serikat, pihak distributor asal Kanada juga dipastikan akan memboyongnya. “Pasar ekspor kami memang lebih banyak ke Amerika Serikat. Ada juga ke Dubai, Australia, Filipina, dan lainnya,” ungkapnya.

KARMA Body Kit merupakan salah satu member dari asosiasi modifikasi pertama di Tanah Air, National Modificator & Aftermarket Association (NMAA). Mereka berperan untuk memajukan industri tuning. Hal ini tertuang dalam visi NMAA untuk mendorong perkembangan pelaku industri modifikasi hingga diakui dunia internasional melalui penetapan standarisasi kualitas, penyediaan event yang mendukung, serta memfasilitasi hubungan baik dengan stakeholders terkait di luar negeri.

Salah satu langkah kongkretnya adalah NMAA mengamati perkembangan dunia modifikasi global dengan bertandang ke event-event tuning yang diadakan di beberapa negara. Beberapa waktu lalu, sebanyak 8 orang member NMAA menghadiri SEMA Show 2019 yang dihelat 5-8 November di Las Vegas Convention Center, Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat.

“Kunjungan ke beberapa event modifikasi yang kami lakukan tak sekadar mengamati secara visual soal tren modifikasi yang ada. Namun lebih jauh, dalam setiap kunjungan yang NMAA lakukan ke sebuah event di luar negeri juga selalu dibarengi brainstorming, diskusi, serta pemasaran produk modifikasi Indonesia, baik dengan bengkel, modifikator, penyelenggara acara, sampai asosiasi terkait,” kata Andre Mulyadi, Founder NMAA.

[Baca Juga: Asal Modifikasi, Klaim Asuransi Mobil Bisa Ditolak]

Hal tersebut dilakukan dalam usaha mencari basis pengetahuan seluas-luasnya soal modifikasi untuk kemudian dibuatkan standarisasinya yang bisa diterapkan di sini. Karena jika industri modifikasi mau besar, harus memiliki standar pengetahuan dan pemikiran yang sama, seperti yang diharapkan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin RI).

Sekadar informasi, selain KARMA Body Kit, ada sejumlah member NMAA lainnya yang sudah go international. Mereka di antaranya produk lampu custom Yoong Motor, Tomi Airbrush, cover mobil premium BitelBlack, dan lain sebagainya.