bmw garmisch.jpg

BMW Garmisch, Mobil Konsep BMW yang Hilang Misterius

Jumat, 17 Januari 2020 17:00 | Galih Pratama

OTONEWS – BMW, jadi salah satu brand otomotif tersukses di dunia. Setiap mobil konsep yang didesain, selalu berhasil diproduksi menjadi wujud asli dan diminati pencinta otomotif di dunia. Di balik kesukesannya memproduksi mobil, BMW ternyata pernah gagal memproduksi secara massal mobil konsepnya.

Adalah BMW Garmisch, mobil ini pertama kali diperkenalkan di ajang Geneva Motor Show pada 1970 silam sebagai wujud mobil konsep. Setiap mobil konsep yang dibuat BMW memang selalu didasari pengembangan yang mendalam. Makanya, butuh beberapa tahun kemudian baru bisa diproduksi massal.

Ketika menuju produksi massal, konsep mobil BMW Garmisch hilang secara misterius tanpa jejak. Hingga saat ini pun, belum terkuak misteri kenapa mobil tersebut gagal diproduksi massal. Mengingat, pada model-model sebelumnya, BMW selalu sukses mewujudkan mobil konsep.

BMW Garmisch.jpg

[Baca Juga: Ferrari Roma Usung Perpaduan Desain Klasik Dengan Teknologi Modern]

Melansir dari berbagai sumber, konon menghilangnya BMW Garmisch karena pihak BMW menghilangkan blueprint dari mobil ini. Pihak BMW pun tak bisa berbuat banyak. Dan akhirnya BMW Garmisch pun tak bisa masuk ke tahap produksi massal.

Menilik sejarahnya, BMW Garmisch didesain oleh desainer kenamaan Marcello Gandini. Dia dikenal sebagai desainer yang mampu mewujudkan desain mobil terbaik di dunia. Salah satu desain mobil yang sukses dibuatnya adalah Lamborghini Miura.

Interior BMW Garmisch.jpg

Secara desain, mobil coupe empat penumpang ini memiliki ukuran ramping dengan mengusung konsep desain futuristik. Menariknya, dalam inteiornya terdapat eleman desain cermin yang cukup besa di glovebox dan radio yang diletakkan tegak di konsol tengah.

Sedangkan nama Garmisch sendiri diambil dari nama Kota Garmisch Partenkirchen, di Bayern, Jerman. Kota ini dikenal juga sebagai surga bermain ski. Tak heran bila pada 1963 silam, kota ini menjadi tuan rumah Olimpiade musim dingin.

Dihidupkan Kembali

BMW sempat memutuskan untuk menghidupkan kembali BMW Garmisch. Dipimpin oleh Head of Design BMW, Adrian van Hooydonk, BMW coba bertemu dengan desainer asli mobil ini, yakni Marcello Gandini. Mereka berkolaborasi menciptakan kembali Garmisch dengan bantuan teknologi masa kini.

Eksterior BMW Garmisch.jpg

[Baca Juga: Tips Menjaga Performa Mesin Mobil Klasik]

Setelah melewati proses panjang, BMW Garmisch sukses diwujudkan kembali layaknya mobil konsep yang pertama kali diperkenalkan pada 1970 silam. Kesan klasik tak terbantahkan dari mobil ini. Mulai dari eksterior maupun interior, semua berbalut desain klasik. BMW tetap mempertahankan ciri khas mobil konsep Garmisch yang sempat dipamerkan ke publik. Sayangnya, meski sudah dibangkitkan kembali, BMW Garmisch tak bisa diproduksi massal.

Artikel Lainnya

/media/images/All-New-Fit.original.jpg

Honda Jazz 2020 Mulai Dijual di Jepang

/media/images/Suzuki-XL7_K5otdMX.original.jpg

Masuk Segmen SUV, Segini Target Penjualan Suzuki XL7