Mobil Listrik.jpg

Besok, Pameran Kendaraan Listrik Pertama di Indonesia Digelar

Selasa, 3 September 2019 16:00 | Galih Pratama

Untuk pertama kalinya di Indonesia, besok (4-5 September 2019) Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) akan menggelar pameran kendaraan listrik di Balai Kartini, Jakarta. Bertajuk Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019, pameran ini akan memamerkan kendaraan listrik, baik motor maupun mobil serta industri pendukungnya.

Kepala BPPT Hammam Riza mengatakan, IEMS 2019 merupakan upaya untuk memperdalam dan memperluas pemahaman masyarakat Indonesia mengenai kendaraan bermotor listrik sebagai salah satu contoh disruptive technology terbaru.

“Acara ini mempunyai misi untuk menggugah kesadaran masyarakat bahwa penggunaan kendaraan yang bersifat ramah lingkungan sudah sepatutnya mendapat tempat di masyarakat," ujarnya seperti dilansir otomotif.bisnis.com, Selasa (3/9/2019).

[Baca Juga: Pemerintah Targetkan 400 Ribu Mobil Listrik Tahun 2025]

Dalam ajang ini, dipastikan sejumlah pabrikan otomotif akan memperkenalkan sekaligus mempresentasikan kendaraan ramah lingkungannya. Beberapa peserta yang dipastikan hadir adalah Nissan, Wuling, Toyota, Viar, Gesits, dan lainnya. Selain memamerkan kendaraan listrik, IEMS 2019 juga akan menghadirkan industri pendukung, seperti baterai atau stasiun pengecasan.

Tak hanya itu, pengunjung pameran IEMS juga berkesempatan mengukuti seminar yang dihadiri pembicara kompoten di bidangnya. Seminar akan mengangkat tema-tema kendaraan listrik yang sedang hangat saat ini. Semisal perkembangan teknologi kendaraan listrik nasional, peran industri dalam mendukung program percepatan kendaraan listrik, aspek keamanan dan legalitas kendaraan listrik, serta lainnya.

[Baca Juga: Soal Mobil Listrik, Toyota: Masyarakat Perlu Edukasi]

Rencananya, IEMS 2019 akan dibuka oleh Kepala BPPT, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Menteri Perindustrian, Menteri Perhubungan, dan Kepala Staf Kepresidenan.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke IEMS 2019, pameran ini buka mulai dari pukul 10.00 – 21.00 WIB. Menariknya, pameran ini tak dipungut biaya alias gratis, artinya semua masyarakat bisa menikmati sekaligus memahami kendaraan listrik yang akan beredar di Tanah Air.