100 Tahun Mazda.jpg

Berumur 100 Tahun, Ini Deretan Mobil Mazda Terpopuler di Indonesia

Kamis, 30 Januari 2020 18:00 | Galih Pratama

OTONEWS – Tepat 30 Januari 2020, brand otomotif ternama asal Jepang, Mazda menginjak usia 100 tahun. Perusahaan yang didirikan Jujiro Matsuda ini, awalnya bernama Toyo Kogyo Co. Ltd pada 1920 silam. Tujuh tahun kemudian, perusahaan ini kembali berganti nama menjadi Mazda yang mulai memproduksi peralatan mesin hingga saat ini.

Selama 100 tahun berdiri, nama Mazda terkenal akan mesin rotary-nya. Teknologi mesin rotari muncul hasil kerja sama antara Wankel dan Mazda pada 1967. Mazda meluncurkan mobil dengan mesin rotary pertama yang diberi nama Cosmo Sports.

Mazda menjadi satu-satunya produsen otomotif yang memproduksi mesin rotary. Dari situ, Mazda terus mengembangkan teknologi ini ke sejumlah mobilnya, sebut saja Mazda RX-7 dan RX-8. Sayangnya, aturan mengenai standar emisi yang semakin ketat di sejumlah negara di dunia, membuat Mazda harus menghentikan pengembangan mesin rotary bersamaan dengan dihentikannya produksi Mazda RX-8.

Sementara jika dilihat secara generasi, setidaknya Mazda memiliki 4 generasi model Mazda yang bisa dilihat dalam rentang kurun waktu dari 1920 – 1959, 1960 – 1979, 1980 – 1994, dan 1995 – sampai sekarang.

Masuk ke Indonesia

Pada 1965, Mazda mulai melebarkan sayap bisnisnya ke Indonesia. Sejumlah model mobil produksi Mazda pun sempat menjadi primadona bagi masyarakat Tanah Air. Apa saja modelnya? Simak ulasannya di bawah ini yang berhasil Otopedia rangkum dari berbagai sumber.

  • Mazda B600
Mazda B600.jpg

Mobil yang dikenal dengan sebutan ‘Kotak Sabun’ ini pertama kali masuk Indonesia pada 1960-an. Mobil ini cukup legendaris, pasalnya mobil ini didatangkan untuk kendaraan dinas pegawai instansi negera.

Secara tampilan, mobil ini memang terlihat sederhana. Pada area lampu depan menggunakan lampu keluaran Stanley. Grille juga memiliki akses ruang udara yang besar, mengingat mobil ini masih mengandalkan pendingin udara.

Mesin Mazda B600 juga bisa dibilang cukup unik. Pasalnya, basis mesin ini adalah mesin motor. Mesin tersebut memiliki kapasitas 600 cc OHV-V twin 2 silinder yang menghasilkan 28 hp dan torsi 41,2 Nm.

  • Mazda 808
Mazda 808

Beranjak ke era 1970-an, Mazda kembali memperkenalkan mobil Mazda 808 yang mirip dengan Chevrolet Camaro. Model mobil ini hadir dalam beberapa varian seperti coupe 2 pintu, sedan 4 pintu dan station wagon 5 pintu. Namun yang dijual resmi di Indonesia ialah varian sedan 4 pintu.

Mesin yang digunakan Mazda 808 ini ialah tipe TC berkapasitas 1,3 liter yang masih satu famili dengan mesin UC 1,4 liter yang milik Mazda MR90 dan Vantrend. Mesin TC pada Mazda 808 telah menggunakan kepala silinder model single overhead camshaft (SOHC), sehingga tergolong unggul di kelasnya pada era itu.

  • Mazda Astina
Mazda Astina.jpg

Mobil jenis sedan ini pertama kali diproduksi pada era 1980-an. Mobil ini memiliki ciri khas dengan lampu pop-up sebagai daya tarik utama. Tampilan depannya memang sekilas sama dengan Miata generasi pertama, namun cenderung mengotak bila dibandingkan dengan mobil convertible tersebut.

Fitur yang dibenamkan pada mobil ini juga bisa dibilang selangkah di depan dengan produk dan merek lain di kelasnya. Tampilan instrumen pun sudah menggunakan panel digital.

Untuk urusan dapur pacu, sedan Mazda ini menggunakan mesin kapasitas 1.800 cc DOHC yang mampu menyemburkan tenaga 130 hp pada 6.000 rpm.

  • Mazda RX-8
Mazda RX-8.jpg

Sport car ini tentunya sangat terkenal hingga saat ini. Mobil ini merupakan penerus kesuksesan dari Mazda RX-7 yang menggunakan mesin tipe rotary. Mazda RX-8 memang memiliki tampilan yang begitu sporty pada masanya. Dengan desain lampu yang runcing, membuat mobil ini terlihat sangat agresif.

Pada bagian dapur pacu, mobil Mazda RX-8 masih mempertahankan mesin yang diguanakan pendahulunya Mazda RX7. Hanya saja, mesin rotary yang dibenamkan Mazda RX-8 telah mendapatkan sentuhan pembaruan. Mesin rotary pada mobil tersebut mampu mengahasilkan tenaga hingga 232 hp pada sistem transmisi manualnya. Sementara pada mesin transmisi otomatis, tenaga yang dihasilkan sedikit lebih kecil, yakni 212 hp.

[Baca Juga: Isi Celah CX-3 dan CX-5, Mazda CX-30 Resmi Mengaspal di Indonesia]

Setidaknya, itulah empat mobil Mazda dari masa ke masa yang cukup populer di Indonesia. Kiprah Mazda di Tanah Air pun bisa dikatakan sangat agresif. Mereka terus mengembangkan dan meluncurkan produk terbarunya. Kehadiran produk yang diperkenalkan pun cukup diterima pasar. Selamat ulang tahun Mazda!