Bernostalgia dengan Mobil Toyota Corolla 1980-an

Bernostalgia dengan Mobil Toyota Corolla 1980-an

Rabu, 13 Februari 2019 18:00 | Galih Pratama

Bagi sebagian orang, mengendarai mobil klasik lebih mengasyikkan dibanding dengan mobil lansiran teranyar. Mobil klasik memang punya nilai historis yang tak ternilai. Bagi yang mengendarainya, pasti bisa merasakan nostalgia kembali ke zaman kejayaan mobil klasik tersebut. Inilah yang dirasakan betul oleh para penggila Toyota Corolla model 1980-an yang tergabung dalam Corolla Retro Club (CRC).

Komunitas ini terbentuk bermula dari tongkrongan sekelompok pemilik Toyota Corolla di bilangan Senayan, Jakarta Selatan. Dari situ, muncul keinginan untuk mendirikan klub yang mewadahi para penggemar Toyota Corolla lansiran 1970-1980-an. Tepat pada Maret 2003, akhirnya klub ini resmi mengibarkan benderanya di dunia otomotif Tanah Air.

[Baca Juga: ICR Menyatukan Pencinta Mobil Mini Klasik]

Awal berdirinya, CRC hanya menerima anggota yang menggunakan kendaraan jenis Corolla DX (KE70). Namun, seiring berjalannya waktu klub mobil ini pun terbuka atau menerima anggota yang menggunakan Toyota Corolla yang diproduksi mulai dari tahun 1971 – 1986.

Bernostalgia dengan Mobil Toyota Corolla 1980-an

“Seiring berjalannya waktu, klub mobil ini kini telah memiliki anggota sekira 70 orang,” kata Benny Wicaksono, Pendiri CRC seperti dilansir dari toyota.astra.co.id, Kamis (9/1/2019).

Untuk menunjukkan eksistensinya, klub ini rutin menggelar kopi darat (kopdar). Kopdar biasanya digelar sebulan sekali. Untuk lokasi, mereka lebih sering menggelar kopdar di kawasan Senayan, Jakarta Selatan.

[Baca Juga: Melongok Koleksi Mobil Klasik Ciamik Uya Kuya]

Selain kopdar, CRC juga aktif menyiapkan berbagai kegiatan positif. Mulai dari touring, temu kangen, dan lainnya. Bahkan, sebagian anggotanya rutin mengikuti ajang balap seperti Retro Touring Championship. Meski terbilang mobil tua, para member komunitas ini tetap yakin bahwa Toyota Corolla mampu bersaing di arena balap. “Sebagian member terlibat di balap touring, rally, slalom dan drifting. Karena Corolla di zamannya terkenal di dunia motorsport,” tutup Dado, sapaan akrab Benny Wicaksono.