Mesin Toyota GR Yaris.jpg

Beringas, Toyota GR Yaris Gendong Mesin 3 Silinder Bertenaga 1.600 cc

Senin, 13 Januari 2020 15:00 | Galih Pratama

OTONEWS – Toyota secara resmi merilis All New Yaris World Rally Championship (WRC) versi jalan raya di ajang Tokyo Auto Salon 2020 di Jepang. Dinamai Toyota GR Yaris, mobil versi reli ini sekarang diproduksi secara massal dan dapat dimiliki atau dibeli oleh publik.

Melansir toyota.pressroom.com.au, Senin (13/1/2020), Toyota New GR Yaris lahir terinspirasi dari reli Toyota yang berpengalaman dan terbukti meraih gelar di ajang WRC. Menggunakan platform sports 4WD Toyota New Global Architectur (TNGA, mobil ini memang dirancang dengan spesifikasi mesin yang menghadirkan sensasi kecepatan layaknya melintas di lintasan reli ataupun balap.

Mesin yang sematkan pada GR Yaris cukup menarik perhatian. Pasalnya, Toyota lebih memilih membenamkan mesin G16-GW dengan spesifikasi tiga silinder dengan kapasitas 1.600 cc turbocharger degan kubukasi yang lebih besar.

[Baca Juga: Ini Hasilnya Jika AC Schnitzer Menggarap Toyota GR Supra]

Toyota New GR Yaris.jpg

Meski tiga silinder, dapur pacu tersebut mampu menyemburkan tenaga 268 tenaga kuda (tk) dan torsi sebesar 370 Nm. Kekuatan tersebut ditransfer melalui sistem transmisi enam percepatan manual. Hasilnya, GR Yaris memiliki kekuatan kinerja akselerasi dari akselerasi 0-100 km/jam hanya dalam waktu kurang dari 5,5 detik dan kecepatan tertinggi mencapai 230 km/jam.

Khusus untuk penggeraknya, Toyota GR Yaris menggunakan penggerak GR-Four AWD yang memiliki tiga karakter yang bisa dipilih sesuai dengan selera pembelinya. Pertama, ada penggerak Normal dengan pembagian distribusi torsi 60 persen ke depan (split 60:40). Lalu, ada Sport (30:70), dan terakhir Track (50:50).

Guna mendongrak agresivitas, GR Yaris menggunakan pelek BBS berdimensi 18 inci multi-spoke yang berbalut ban Michelin Pilot Sport 4S. Pada bagian kaki-kaki ditunjang dengan suspensi double wishbone pada bagian belakang. Sedangkan sistem pengereman pun cukup canggih dengan kaliper berwarna merah, hingga penggunaan sepasang ujung knalpot.

gr-yaris-1.jpg

Dimensi mobil ini hadir dengan panjang berukuran 3.995 mm, lebar 1.805 mm, serta tinggi mencapai 1.460 mm. Sedangkan atas body yang mengusung konsep sporty ini, kini terbuat dari carbon fiber reinforced plastic (CFRP) yang diklaim memiliki bobot yang lebih ringan. Perbedaan lainnya dibanding dengan standar, GR Yaris terbaru hanya memiliki tiga pintu yang telah dioptimalkan dengan mereduksi ketinggian bodi dan melebarkan bodi.

Dengan dukungan desain dan spesifikasi mesin tersebut, GR Yaris bisa dibilang menjadi salah satu hatchback yang memiliki tenaga buas dengan perfoma tinggi di kelasnya.

[Baca Juga: Spesifikasi BMW M4 Competition Berperforma Garang]

Mengenai harga, melansir dari berbagai sumber, Toyota membanderol GR Yaris Rp500 jutaan untuk varian RZ. Sedangkan untuk tipe RZ High Performance dilego Rp572,5 jutaan. Sayangnya, mobil GR Yaris ini baru dipasarkan di Jepang. Kemudian kemungkinan besar masuk ke pasar Eropa. Sedangkan pasar Asia Tenggara seperti Indonesia masih tanda tanya.

Diketahui, sebelumnya Toyota telah merilis mobil model ‘GR’ bernama GR Supra pada 2019. Kehadiran GR Yaris menjadi model kedua Toyota yang mengusung merek ‘GR’ atau GAZOO Racing.