Mobil Esemka Bima.jpg

Benarkah Esemka Bima Mirip dengan Mobil Tiongkok?

Senin, 9 September 2019 17:00 | Galih Pratama

OTONEWS - Beberapa hari lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pabrik mobil Esemka. Pada kesempatan yang sama, PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) juga memperkenalkan mobil perdanya, Esemka Bima. Kehadiran mobil ini ternyata menjadi polemik tersendiri di Tanah Air.

Salah satu tudingan yang kini hangat dibicarakan adalah Esemka dituding menjiplak mobil Tiongkok. Terutama di jejaring media sosial, beredar foto perbandingan Esemka Bima dengan mobil Tiongkok, Changan Star Truck.

Melalui akun Facebook, warganet dengan akun Yoan Alda Fiandri menggugah foto kolase yang membandingkan desain mobil Esemka Bima dan Changan Star Truck pada kolom komentar akun Otopedia.com terkait postingan berita “Akhirnya, Presiden Jokowi Resmikan Pabrik Esemka”. Seolah menyindir, akun lain berkomentar, “Pura pura gak tau deh.... Selamat China berhasil menjiplak mobnas negeri +62,” tulis akun bernama Nuryadin Said.

Changan Star Truck.jpg

[Baca Juga: Ini Pesaing Kuat Esemka Bima di Pasar Mobil Pikap]

Jika dilihat dari website resmi Changan, mereka memiliki produk mobil pikap bernama Changan Star Truck. Sekilas memang ada kemiripan dengan Esemka Bima. Terutama di bagian desain gril depan dan lampu kabut.

Dari sisi dimensi, Changan Star Truck memiliki panjang 4.660 milimeter (mm), lebar 1.620 mm, dan tinggi 1.890 mm. Sedangkan jarak sumbu rodanya 2.900 mm. Bergeser ke bagian dapur pacu, Changan Star Truck menggendong mesin 1.2L DOHC 16-Valve 4 silinder.

Mesin yang tersemat pada Changan Star Truck bisa menghasilkan tenaga setara 97 daya kuda pada putaran 6.000 rpm dan torsi maksimum 119 Nm pada rpm 4.800.

Berdasarkan spesifikasi yang dirilis Esemka, pikap Esemka Bima juga menggunakan spesifikasi yang cukup identik dengan Changan Star Truck. Di mana Esemka Bima menggunakan mesin 1.2 L E-power 14 DOHC. Mobil pikap ini memiliki daya maksimum setara 72 kW atau kalau dikonversikan setara dengan 96,5 daya kuda dan torsi maksimum 119 Nm.

Sementara terkait dengan harga, melansir liputan.6.com, Changan Star Truck, yang juga dijual di Filipina ini sebesar 488 ribu Peso Filipina atau setara Rp132 jutaan. Sedangkan Esemka Bima dibanderol Rp95 juta off the road.

[Baca Juga: Intip Spesifikasi Mobil Pikap Esemka Bima]

Di sisi lain, tudingan kemiripan ini sebenarnya sudah dibantah oleh Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi Eddy Wijaya. “Mobil Esemka betul-betul diproduksi di dalam negeri dan dikerjakan oleh anak bangsa,” jelasnya seperti dikutip Antara saat peresmian Pabrik Esemka di Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019).

Dia juga mengklaim, bahwa mobil Esemka bukan mobil nasional. Tapi, perusahaan swasta nasional yang memproduksi mobil di dalam negeri. “Kami adalah perusahaan swasta nasional yang 100 persen dimiliki swasta dan kami bukan mobil nasional seperti yang dipahami orang selama ini. Lebih tepatnya mobil buatan Indonesia karya anak bangsa sendiri,” tegasnya.