KIA Seltos.jpg

Belum Diluncurkan, Harga KIA Seltos Sudah Bocor

Selasa, 14 Januari 2020 14:00 | Galih Pratama

OTONEWS – Tahun 2020, eksistensi kendaraan model Sport Utility Vehicle (SUV) sepertinya semakin menunjukkan tajinya. Sejumlah produsen mobil di Tanah Air sudah menyiapkan model SUV andalannya. Salah satu model SUV yang dikabarkan segera meluncur adalah KIA Seltos. SUV asal Korea Selatan ini siap diperkenalkan di pasar otomotif Indonesia dalam waktu dekat ini

Hal tersebut bukan tanpa alasan. Pasalnya, sudah banyak spy shot di media sosial. Bahkan, sebelum diluncurkan, harga KIA Seltos sudah bocor. Melalui postingan foto di akun Instagram @tedi.ms, terlihat dengan rinci daftar harga KIA Seltos berstatus on the road (otr) Jakarta lengkap dengan skema cicilannya.

“Keluar juga harga otr jakartanya sunroof dan non sunroof, bakal laris segitu atau mau ada diskon juga... nanti kita test drive hari esok after 170120 #kiaseltosindonesia,” tulis dalam akun Instagram tersebut beberapa waktu lalu.

Melihat dari postingan tersebut, KIA Seltos bakal hadir dalam dua varian. Pertama ada Seltos EX+ Gas 1.4 Turbo yang dibanderol dengan harga Rp355 juta. Sedangkan tipe kedua adalah Seltos EX Gas 1.4 Turbo yang dilego dengan harga Rp320 juta.

[Baca Juga: Menakar Tren Mobil SUV pada 2020 di Indonesia]

Harga Kia Seltos.jpg

Secara spesifikasi memang tidak dijelaskan dengan rinci. Hanya saja, kemungkinan besar mobil ini akan dibekali mesin berkapasitas 1.400 cc turbocharger 4-silinder. Mesin ini diklaim mampu menghasilkan tenaga sebesar 138 hp dengan torsi maksimal 242 Nm.

Jika dilihat dari tampilannya, KIA Seltos memiliki bahasa desain khas, yaitu tiger-nose grille. Di mana tampilan depannya Sudah dilengkapi LED DRL, LED foglamp dan LED headlight modern, serta bumper beraksen krom.

Jika benar-benar meluncur di Tanah Air, keberadaannya siap mengusik pasar sejumlah mobil model SUV yang telah mengaspal di Tanah Air. Secara head to head, SUV ini akan menjadi saingan berat dari Honda H-RV.

Peluncuran di Indonesia

Untuk kepastian peluncuran KIA Seltos di Indonesia, Otopedia coba mengkonfirmasi PT Kreta Indo Artha selaku agen pemegang merek KIA di Tanah Air. Menurut Ario Soerjo, Marketing and Development Division Head PT Kreta Indo Artha mengatakan, pihaknya memang tak menampik akan meluncurkan KIA Seltos dalam waktu dekat ini. Mobil ini dipastikan akan meramaikan peta persaingan mobil SUV di Tanah Air.

Namun, ketika ditanya mengenai kapan peluncuran resminya, Ario enggan berkomentar banyak. Dia hanya memberikan sinyal bahwa mobil SUV ini akan segera diperkenalkan publik dalam waktu dekat ini. “Tunggu tanggal mainnya,” ungkap Ario ketika dikonfirmasi.

[Baca Juga: Deretan Mobil Baru yang Bakal Mengaspal di 2020]

Untuk di kawasan Asia Tenggara, keberadaan KIA Seltos terlebih dahulu sudah mengaspal di Filipina pada bulan November 2019 silam. Kemudian terbaru disusul di Singapura. Di negeri Singa itu, KIA Seltos diperkenalkan pada ajang Singapore Motor Show (SMS) 2020.