Toyota GR Supra Marcus Gideon.jpg

Beli Toyota GR Supra, Marcus Gideon: Saya Suka Mobilnya, Kenceng!

Rabu, 20 November 2019 17:00 | Galih Pratama

OTOFIGURE – Di balik prestasinya yang mendunia, pebulutangkis nasional Marcus Fernaldi Gideon ternyata punya selera otomotif yang tinggi. Pasangan Kevin Sanjaya di lapangan bulutangkis ini baru saja menambah koleksi mobilnya dengan memboyong sports car legendaris, yakni Toyota GR Supra.

Di Indonesia, Toyota GR Supra hanya tersedia 12 unit saja. Marcus menjadi salah satu pembeli sport car yang dibanderol seharga Rp1,995 miliar ini. PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku agen pemegang merek (APM) Toyota di Tanah Air, telah melakukan sesi serah terima sport car ini di Sirkuit Sentul, Jawa Barat, Rabu (20/11/2019).

Dalam kesempatan tersebut, Marcus sempat menjajal koleksi mobil terbarunya tersebut. Menurutnya, Toyota GR Supra terbaru memiliki akselerasi yang baik dan menyenangkan saat diajak berkendara di kecepatan tinggi. “Saya suka mobilnya, kenceng,” kata Marcus seperti dilansir tempo.co.

Toyota Supra.jpg

Diketahui, hanya ada satu varian Supra yang dimasukkan ke pasar otomotif Indonesia, yakni tipe tertinggi dengan mesin 6 silinder segaris berkepasitas 3.0 liter yang dilengkapi turbo.

[Baca Juga: McLaren Elva, Supercar Atap Terbuka Seharga Rp23 Miliar]

Mesin tersebut mampu mengeluarkan tenaga maksimum 340 tenaga kuda (tk) dan torsi puncak 500 Nm di rentang putaran mesin 1.600-4.500 rpm. Dengan tenaga tersebut, mobil ini diklaim mampu berakselerasi dari 0-100 km perja hanya dalam waktu 4,3 detik saja.

Mesin Toyota Supra.jpg

Secara dimensi, sport car Toyota GR Supra ini memiliki panjang 4.380 milimeter (mm), lebar 1.865 mm, dan tinggi 1.295 mm. Sedangkan jarak wheelbase 2.470 mm, lebih pendek 100 mm dari model Toyota 86.

Bergeser ke dalam kabin, desain mobil mengusung konsep minimalis. Terdapat layar 8,8 inci di bagian dasbor. Sejumlah fitur berteknologi tinggi juga disematkan dalam mobil balap ini, mulai dari pre collision safety system, blind spot monitor, dynamic radar cruise control, dan lane depature alert.

Toyota GR Supra.jpg

Pada bagian kaki-kaki, Toyota GR Supra menggunakan double spring strut di bagian depan dan multi link di belakang berkarakter kaku untuk pengendalian sport. Sedangkan ukuran bannya sendiri menggunakan 255/35R19 untuk ban depan dan bagian belakang 275/35R19.

[Baca Juga: Michelin Kembangkan Ban Mobil Tanpa Angin]

Sport car ini memang ditujukan untuk balapan di sirkuit, tapi PT TAM menyatakan bahwa Toyota GR Supra ini juga bisa digunakan untuk harian di jalan raya atau biasa.

Artikel Lainnya

/media/images/Sofyan-Basir.original.jpg

Deretan Mobil Mewah Eks Dirut PLN Sofyan Basir

/media/images/Kapolri-Idham-Azis.original.jpg

Intip Garasi Mobil Kapolri Baru Idham Azis

/media/images/Mobil-Maruf-Amin.original.jpg

Intip Mobil Wapres Ma’ruf Amin Seharga Rp1,6 Miliar