Begini Perawatan Jok Kulit yang Benar

Begini Perawatan Jok Kulit yang Benar

Jumat, 4 Januari 2019 11:00 | Galih Pratama

Banyak cara dilakukan untuk menambah tampilan interior mobil. Salah satunya dengan memodifikasi jok menggunakan pelapis kulit. Jok berlapis kulit tentunya akan memberikan kesan mewah dalam interior mobil Anda.

Di satu sisi, jok berlapis kulit ini susah-susah gampang dalam perawatannya. Sebab jika dilakukan sembarangan, jok kulit kesayangan Anda bisa cepat rusak. Agar hal tersebut tak terjadi, ada baiknya simak tips perawatan jok kulit ini yang dirangkum Otopedia dari berbagai sumber berikut ini.

Pilih Cairan Pembersih yang Tepat

Dilansir dari liputan6.com pada Kamis (27/12/2018), untuk membersihkan jok berlapis kulit dibutuhkan cairan pembersih. Usahakan cairan pembersih tersebut berbetuk pasta. Pasalnya, jika Anda menggunakan pembersih berbahan air bisa menyebabkan kulit jok menjadi lebih cepat rusak. Selain itu, risiko potensi timbulnya jamur juga sangat besar.

[Baca Juga: Airbag]

Gunakan Kain Lembut

Dalam membersihkan kulit jok dengan cairan pembersih, Anda harus menghindari penggunaan kain kasar. Kain kasar yang bercampur dengan cairan pembersih bisa mengabrasi kulit jok mobil kesayangan Anda. Ada baiknya, Anda menggunakan kain yang lembut untuk membersihkan jok kulit. Sementara agar mendapatkan hasil yang maksimal, jok mobil yang telah dilapisi kulit diberikan leather coating terlebih dahulu sebagai perlindungan tambahan kulit jok.

Jangan Parkir di Ruang Terbuka­­­

Dilansir dari carmudi.co.id, usahakan cari tempat parkir di dalam gedung atau tertutup. Jika Anda terlalu sering parkir di ruang terbuka, akan mengakibatkan kerusakan pada kulit jok kesayangan Anda. Panas matahari yang terkena langsung pada jok akan membuat kulit jok menjadi keras, bahkan mudah pecah-pecah.

[Baca Juga: Mengintip Interior Alphard Mewah Milik Raffi Ahmad]

Jaga Kebersihan

Jangan sembarangan menaruh kertas yang memiliki gambar atau tulisan di atas kulit jok. Sebab, kertas tersebut sangat berisiko tercetak di jok kulit mobil Anda, terutama saat kondisi basah.