Ilustrasi Kaca Film.jpg

Begini Cara yang Benar Merawat Kaca Film Mobil

Jumat, 30 Agustus 2019 14:00 | Galih Pratama

Kaca film merupakan aksesori otomotif yang berfungsi untuk menolak panas di dalam kabin mobil. Pengaplikasian atau pemasangan kaca film biasanya memang pada bagian kaca dalam. Kondisi ini tentunya cukup menguntungkan, karena kaca film tak langsung berhubungan dengan debu dan kotoran dari luar.

Meski begitu, bukan berarti kaca film tidak perlu perawatan atau dibiarkan begitu saja. Kaca film nyatanya juga butuh perawatan dari sang pemilik mobil. Pasalnya, kaca film kerap ditempeli debu yang berasal dari dalam mobil.

“Hal penting dalam merawat kaca film adalah menjaga kebersihan kaca film. Selain debu, biasanya ada bekas tangan yang harus dibersihkan,”kata Melcy, Sales Executive Makko Group kepada Otopedia, Selasa (30/7/2019).

[Baca Juga: Kaca Film]

Cara membersihkannya pun cukup mudah. Kata Melcy, cukup menggunakan lap microfiber untuk membersihkan kaca film, baik dari debu maupun kotoran lainnya. “Caranya sebenarnya cukup gampang. Hanya cukup membersihkan dengan microfiber. Pastikan juga lap tersebut benar-benar bersih,” tambah Melcy.

Masih menurutnya, memang tak ada teknik khusus dalam proses mengelapnya. Hanya saja, Melcy mengingatkan, hal terpenting dalam membersihkan kaca film adalah jangan sesekali menggunakan cairan seperti sampo atau cairan sejenis lainnya.

“Cukup bersihkan dengan lap kering. Jangan dilap dengan cairan perawatan mobil seperti sampo, obat poles dan lainnya,” ujar Melcy.

[Baca Juga: Hindari Hal Ini Agar Lapisan Coating Mobil Tetap Terjaga]

Menurutnya, pemakaian cairan seperti sampo dan sejenis justru akan merusak fungsi dan daya tahan dari kaca film mobil kesayangan Anda. “Usahakan jangan pakai cairan. Cairan kimia tersebut justru merusak fungsi kaca film,” tutupnya.

Artikel Lainnya

/media/images/Ban-Mobil.original.jpg

Pilih Mana, Ban Radial atau Bias?

/media/images/Kampas-Rem-Mobil.original.jpg

Tanda-tanda Kampas Rem Mobil Aus

/media/images/Oli-Transmisi-Matik.original.jpg

Cara Tepat Menguras Oli Transmisi Mobil Matik