Panaskan Mesin Mobil

Begini Cara Panaskan Mesin Mobil yang Benar

Senin, 25 Februari 2019 18:00 | Galih Pratama

Memanaskan mesin mobil sebelum digunakan merupakan hal yang lazim dilakukan pengendara. Bisa dibilang, memanaskan mesin jadi hal yang ‘wajib’ sebelum Anda mengendarai mobil. Tujuannya jelas untuk menjaga performa mesin mobil selama pemakain.

Semua orang pasti tahu bagaimana cara memanaskan mesin mobil. Cukup tekan atau putar kunci kontak pada posisi ‘ON’, mesin mobil akan menyala. Tapi, apakah cara yang Anda lakukan selama ini sudah benar? Sebab jika memanaskan mesin dilakukan secara asal, itu akan berdampak pada pemborosan bahan bakar dan kurang efektif dalam menaikkan suhu mesin.

[Baca Juga: Jangan Asal, Begini Cara Membersihkan Mesin Mobil yang Benar]

Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum menyalakan mesin mobil. Beberapa hal yang dimaksud antara lain:

1 Perhatikan Durasi Memanaskan Mesin

Seperti dilansir dari fastnlow.net pada Jumat (4/1/2019), lama memanaskan mesin mobil sangat relatif. Ini disesuaikan dengan teknologi mesin masing-masing mobil. Ada yang cepat, ada pula yang membutuhkan waktu cukup lama. Contohnya mobil yang sudah menggunakan teknologi mesin injeksi, Anda tak perlu terlalu lama memanaskannya. Hanya butuh waktu sekira 30 detik hingga 1 menit. Jika terlalu lama, justru akan membuang bahan bakar sia-sia.

2 Tidak Perlu Injak Pedal Gas

Saat memanaskan mesin mobil, dianjurkan Anda tak menginjak gas. Ini dikarenakan sirkulasi oli di dalam mesin belum 100 persen melumasi semua komponen mesin. Jika dipaksakan dengan menginjak gas, dikhawatirkan bagian mesin yang belum terlumasi oli secara maksimal akan mengalami gesekan dan berdampak pada rusaknya komponen dalam mesin. Untuk itu, cukup biarkan mesin mobil pada putaran idle.

[Baca Juga: Solusi Pedal Gas Mobil yang Tersangkut]

3 Matikan AC

Ketika memanaskan mesin, usahakan AC mobil tidak dinyalakan. Sebab jika menyalakan AC saat suhu mobil belum mencapai titik normal, ini malah akan membebani atau memperberat performa mesin. Ada baiknya, nyalakan AC ketika suhu mesin sudah mencapai titik normal. Dengan begitu, kinerja mesin terhadap kompresor AC tak terlalu berat.

4 Panaskan Mobil di Area Terbuka

Dilansir dari viva.co.id, jika Anda memanaskan mobil di garasi, sebaiknya buka terlebih dulu garasi tersebut. Tujuannya agar ada sirkulasi udara untuk gas buang yang berasal dari knalpot mobil.

5 Perhatikan Rem Tangan

Pastikan rem tangan mobil Anda aktif. Ini bertujuan mencegah risiko mobil meluncur dengan sendirinya. Terutama bila posisi mobil berada di kontur jalan yang tidak rata.