Begini Cara Merawat Radiator Mobil Agar Awet 06

Begini Cara Merawat Radiator Mobil Agar Awet

Jumat, 8 Februari 2019 15:00 | Galih Pratama

Pernah melihat mobil mogok dengan kap terbuka yang disertai asap putih mengepul? Kemungkinan besar hal tersebut terjadi karena radiator mobil bermasalah, sehingga membuat suhu mesin mengalami overheat.

Agar terhindari dari permasalahan tersebut, kondisi radiator sebagai bagian sistem pendingin suhu mesin harus mendapatkan perawatan berkala. Di sisi lain, ada banyak cara atau tips yang bisa dilakukan untuk menjaga radiator mobil Anda tetap bekerja maksimal dan awet. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa tips dan cara merawat radiator yang dimaksud.

1 Rutin Menguras dan Mengganti Air Radiator

Begini Cara Merawat Radiator Mobil Agar Awet 01

Seperti dilansir dari fastlow.net pada Jumat (4/1/2019), hal yang harus diperhatikan untuk menjaga radiator mobil Anda tetap awet adalah menguras dan mengganti air radiator secara berkala. Kedua hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir adanya endapan yang bisa menyumbat saluran air dalam radiator.

Perlu diingat, menguras dan mengganti air radiator tak bisa dilakukan sembarangan. Ada baiknya, Anda serahkan kepada ahlinya atau bengkel khusus radiator mobil.

2 Periksa Tutup Radiator

Begini Cara Merawat Radiator Mobil Agar Awet 05

[Baca Juga: Termostat]

Kelihatannya terkesan sepele, tapi bagian ini cukup penting. Seperti dilansir dari laman nissan.co.id, dalam memeriksa tutup radiator, Anda harus pastikan karet seal masih kenyal dan berfungsi. Apabila karet rusak, akibatnya akan berdampak pada terhambatnya sirkulasi udara pada radiator. Kondisi inilah yang membuat temperatur mesin menjadi tinggi.

3 Cek Kisi-kisi Udara

Begini Cara Merawat Radiator Mobil Agar Awet 02

Selanjutnya, Anda bisa mengecek kisi-kisi udara radiator. Kisi-kisi tersebut menjadi jalur keluar masuk udara. Jika kondisinya kotor, arus angin bisa terhambat dan pendingin mesin tak bekerja maksimal. Untuk itu, Anda harus membersihkannya secara rutin. Cara membersihkannya pun mudah, cukup gunakan kuas halus dan menekannya dengan ringan.

4 Selang Radiator

Begini Cara Merawat Radiator Mobil Agar Awet 03

Selang radiator umumnya terbuat dari karet khusus tahan panas. Namun bahan tersebut tak menjamin selang radiator mampu menahan panas secara maksimal. Seiring lamanya penggunaan, selang radiator akan mengeras dan retak. Akibatnya, daya tahan selang menurun. Untuk itu, Anda harus rajin mengecek kondisi selang radiator. Bila ada tanda-tanda kerusakan, segera ganti agar kinerja radiator kembali maksimal.

[Baca Juga: Penyebab AC Mobil Tidak Dingin]

5 Kipas Pendingin Radiator

Begini Cara Merawat Radiator Mobil Agar Awet 04

Langkah selanjutnya adalah memeriksa kipas pendingin radiator. Untuk memastikan berfungsi atau tidaknya kipas pendingin radiator, Anda bisa nyalakan mesin mobil dan tunggu beberapa menit. Jika kipas pendingin dalam kondisi baik, kipas tersebut secara otomatis akan menyala dan berputar pada saat mesin sudah panas. Lain halnya jika kipas pendingin radiator tak berfungsi ketika mesin mobil sudah mulai panas. Itu artinya kipas bermasalah. Ada baiknya segera lakukan perbaikan.