Kompresor AC.jpg

Begini Akibatnya Tak Pernah Ganti Oli Kompresor AC Mobil

Rabu, 22 Januari 2020 17:00 | Galih Pratama

OTOTIPS – Perawatan mobil tak melulu fokus pada bagian mesin saja. Ada sejumlah komponen mobil yang juga butuh perawatan. Salah satunya adalah perawatan fitur air conditioner (AC). Perawatan komponen ini kerap kali dilupakan sebagian pemilik mobil. Padahal, komponen AC butuh ‘penyegaran’ untuk menjaga kinerjanya tetap maksimal.

Banyak pemilik mobil beranggapan, fitur AC yang masih ‘kenceng’ dinginnya, tak perlu mendapatkan perawatan. Itu salah kaprah. Komponen AC, khususnya di bagian kompresor ternyata membutuhkan oli yang harus diganti secara berkala untuk mengurangi risiko terjadinya kerusakan.

Berdasarkan dari berbagai sumber, kompresor AC mobil bekerja menggunakan oli yang berfungsi sebagai pelumas untuk mengurangi gesekan dan mencegah kompresor cepat panas. Seperti halnya oli mesin, oli kompresor juga harus diganti secara rutin atar berkala.

[Baca Juga: Ternyata, Nyalakan AC Saat Mobil Baru Dihidupkan Itu Berbahaya]

Idealnya, pergantian oli pada kompresor AC mobil dilakukan setiap 20.000 kilometer (km) atau minimal setahun sekali. Untuk mengganti oli kompresor pun tak bisa dilakukan sembarangan, karena salah satu karakteristik dari oli kompresor, yakni oli kompresor ikut bersirkulasi di dalam kompresor AC. Ini artinya ketika refrigerant berbentuk gas, oli kompresor juga harus berbentuk gas. Lalu, ketika refrigerant berbentuk cair, maka oli kompresor harus bentuk cair.

Untuk itu, dalam mengganti oli kompresor AC mobil harus benar-benar diperhatikan takaran dan jenis atau spesifikasinya. Ini dilakukan untuk menghindari oli berubah menjadi material keras dan bisa membuat baret kompresor. Baret inilah yang membuat kompresor AC mobil biasanya menimbulkan suara ‘ngorok’.

Timbulnya bunyi tersebut tak hanya disebabkan oli yang berbeda spesifikasi. Bunyi aneh yang keluar dari kompresor AC juga bisa dikarenakan kompresor mengalami kehabisan oli atau mengalami kebocoran.

Saat oli kompresor AC habis, dipastikan akan terjadi gesekan kuat antara komponen kecil di dalam kompresor. Kinerja kompresor juga semakin buruk karena tidak ada 'makanan' untuk peremajaan.

[Baca Juga: Cara Mudah Ketahui Freon AC Mobil Masih Bagus atau Tidak]

Kalau sudah begitu, Anda tentu membutuhkan dana yang tak sedikit untuk memperbaikinya. Agar terhindar dari masalah tersebut, para pemilik mobil diwajibkan selalu mengecek kondisi kompresor AC mobil.

Artikel Lainnya

/media/images/Kampas-Rem.original.jpg

Penyebab dan Solusi Atasi Rem Mobil Bunyi

/media/images/Sliding-Door-Alphard.original.jpg

Tips Merawat Pintu Geser Mobil Agar Tetap Awet

/media/images/Setir-Mobil.original.jpg

Setir Mobil Bergetar? Segera Cek Komponen Ini

/media/images/Air-Coolant.original.jpg

Penting, Pemilik Mobil Wajib Cek Rutin Cairan Ini