Porsche 911 Speedster.jpg

Bantu Perangi Corona, Porsche Lelang 911 Speedster Edisi Terakhir

Selasa, 14 April 2020 10:00 | Galih Pratama

OTONEWS – Sebagian besar pabrikan otomotif di dunia ikut memberikan kontribusinya untuk memerangi pandemi virus Corona atau Covid-19. Misalnya Ford, McLaren, Tesla, dan General Motors, mereka telah mengubah pabriknya dengan memproduksi peralatan medis. Kini, giliran Porsche yang turun tangan membantu dalam penanganan virus Corona.

Bukan memproduksi peralatan medis, tapi pabrikan otomotif asal Jerman ini akan melelang salah satu produk sedan sport spesialnya Porsche 911 Speedster edisi ketujuh di rumah lelang RM Sotheby. Hasil lelang sepenuhnya akan didonasikan untuk membantu penanganan virus Corona di dunia.

"Mobil ini adalah bagian penting dari sejarah kami. Sebagai edisi terakhir, saya ingin pastikan ada pelanggan yang menghargai keunikannya. Jadi, ini adalah kesempatan untuk menjual sebagian dari sejarah kami untuk tujuan yang baik,” kata Klaus Zellmer, Presiden dan CEO Porsche Cars Amerika Utara seperti dilansir bloomberg.com, Selasa (14/4/2020).

[Baca Juga: Darurat Corona, Pabrikan Mobil Ramai-ramai Produksi Ventilator]

Porsche 911.jpg

Diproduksi di pabrik Porsche Stuttgart-Zuffenhausen, Porsche 911 Speedster yang dilelang adalah mobil dua pintu dengan atap fabric yang bisa dilepas. Sedangkan dapur pacunya dibekali mesin yang sangat spesial, yakni mesin natural aspirated (bukan turbocharged) bertenaga 502 hp dengan transmisi manual 6-speed.

Nantinya, pembeli Porsche 911 Speedster berhak memilih nomor seri Speedster yang hanya diproduksi 1.948 unit di seluruh dunia ini, untuk dibuatkan lencana khusus. Lencana tersebut akan dipasang di beberapa bagian kendaraan seperti di kursi, bodi, jok kulit pembungkus kursi dan trim.

Lelang mobil edisi khusus bukan hal yang baru bagi Porsche. Sebelumnya, mereka pernah melego 911 Turbo "Project Gold" senilai 3,4 juta dollar pada 2018. Sementara untuk harga awal Porsche 911 Speedster dibanderol 274.500 dollar Amerika Serikat atau setara dengan Rp4,3 miliaran. Untuk lelang kali ini, pihak Porsche tak mematok target harga.

[Baca Juga: Ratusan Mobil Jaguar dan Land Rover Siap Perangi Pandemi Corona]

Porsche.jpg

Pada 15 April 2020, penawaran Porsche 911 Speedster mulai dibuka secara online pada pukul 21.00 WIB. Kemudian, lelang akan ditutup pada 22 April pukul 24.00 WIB. Hasil lelang seluruhnya akan disumbangkan ke United Way Worldwide’s COVID-19 Community Response and Recovery Fund. Bagaimana, tertarik untuk ikut lelang tersebut?

Artikel Lainnya

/media/images/Kia-Rio-Facelift-2.original.jpg

Kia Rio Facelift Kini Usung Mesin Hybrid Ringan

/media/images/Hyundai-Santa-Fe-Facelift.original.jpg

Hyundai Santa Fe 2021 Tak Sekadar Facelift