Lomba Desain Lamborghini.jpg

Bangga, Ilustrator Indonesia Sabet Juara 1 Lomba Desain Lamborghini

Rabu, 13 Mei 2020 9:00 | Galih Pratama

OTONEWS – Indonesia patut berbangga. Salah satu ilustrator otomotif bernama Ardi Rizki Yozho baru saja meraih juara pertama dalam kompetisi Design Livery Super Trofeo Huracán yang digagas Lamborghini Squadra Corse, Divisi Motorsport Automobili Lamborghini.

Kompetisi desain Lamborghini yang digelar pada April hingga Mei 2020 ini diperuntukkan bagi para penggemar Lamborghini agar tetap berkreasi dengan mendesain Super Trofeo Huracán di rumah selama pandemi.

“Jadi, di awal itu sebenernya nggak sengaja. Sebelumnya saya follow Instagram designer LamborghiniSC namanya Mitja Borkert. Nah, saya liat feed-nya ada kompetisi Design Livery Super Trofeo Huracán yang diadakan untuk mengisi waktu luang selama pandemi ini,” tutur Ardi ketika dihubungi Otopedia melalui sambungan telepon, Rabu (13/5/2020).

Dari situ, Ardi mengaku, langsung tertarik untuk mengikutinya. Hal pertama yang dia lakukan adalah memikirkan konsep dan filosofi desain yang akan diusungnya. Dengan berbagai pertimbangan, dia akhirnya memilih konsep desain Japanese Domestic Market (JDM).

[Baca Juga: Japan Domestic Market]

“Konsep desain ilustratornya terinspirasi dari rencana mau modif motor sendiri gaya JDM. Nah, saya pake di desain Lambo ini. Dibikin simpel dan coba nonjolin unsur racing-nya cuma dari ornamen carbon fiber di kap depan, side skirt, spoiler depan, bagian atap dan wings,” tuturnya.

Lomba Desain Lamborghini.jpg

Aksen utamanya memang simpel, lanjut Ardi, tapi desain tersebut tetap menampilkan mobil balap yang tak lepas dari ornamen karbonnya. Sedangkan warna mobilnya juga tak mau lepas dari konsep JDM dengan two tone-nya.

“Warnanya dipilih kuning emas dan sedikit aksen merah. Kedua warna itu memiliki makna tersendiri. Kuning emas itu melambangkan kemenangan. Sedangkan merah melambangkan semangat dan berani yang terinspirasi dari makna bendera Indonesia,” ujarnya.

Tak disangka, hasil karya Ardi ternyata mampu membuat Mitja Borkert, Head of Design-Automobili Lamborghini yang juga sebagai tim penilai kompetisi ini terkesima. Desain Ardi mempu menyisihkan peserta lain dan terpilih sebagai salah satu finalis.

“Ya, hasilnya memang dinilai langsung Mitja Borkert. Alhamdulillah karya saya terpilih dari enam desain livery dari negara lain,” ujar Ardi.

Kemudian, enam desain finalis tersebut di-posting ke dalam akun Instagram pribadi milik Mitja Borkert untuk ‘diadu’ kembali untuk dipilih para penggemar Lamborghini di Instagram.

“Vote memang berdasarkan like. Ternyata banyak yang nge-like berkat dukungan dari om Ifan Ramadhan, beberapa influencer otomotif, keluarga besar grup Motuba, dan tentunya masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Hasilnya, desain Lamborghini milik Ardi mendapatkan sekira 16 ribu lebih like dan berhasil mengalahkan 5 finalis lainnya. Sebagai bentuk apresiasi, hasil karya Ardi di-posting langsung dalam akun Instagram resmi Lamborghini Squadra Corse @LamborghiniSC dan @Mitjaborkert.

“Alhamdulillah bersyukur banget om, walaupun sebenernya ngarep bisa juara 3, masuk ke final aja udah seneng banget,” kata Ardi.

[Baca Juga: Honda Ajak Modifikator Adu Kreativitas dari Rumah]

Capaian ini tentu menjadi kebanggaan tersendiri. Menunjukkan bahwa ilustrator Tanah Air mampu bersaing dengan negara lain. Ardi pun mengajak kepada para ilustrator Indonesia agar terus berkarya.

“Pesan saya, terus berkarya. Kalau sanggup ikut kompetisi, nggak perlu liat reward, tunjukin aja apa yang bisa kita buat. Dan jangan gampang puas, kalo udah puas ujung-ujungnya males dan nggak bisa berkembang,” pesan Ardi.

Artikel Lainnya

/media/images/Kia-Rio-Facelift-2.original.jpg

Kia Rio Facelift Kini Usung Mesin Hybrid Ringan

/media/images/Hyundai-Santa-Fe-Facelift.original.jpg

Hyundai Santa Fe 2021 Tak Sekadar Facelift