Bahaya! 5 Hal Ini Berpotensi Membuat Mobil Terbakar.jpg

Bahaya! 5 Hal Ini Berpotensi Membuat Mobil Terbakar

Sabtu, 26 Januari 2019 11:00 | Inggil Yustiar

Banyaknya berita tentang mobil yang tiba-tiba terbakar. Dilansir dari detik.com (6/11/2018), satu unit mobil Toyota terbakar di km 40 Tol JORR arah Cikunir. Belum diketahui secara pasti penyebabnya apa, namun diduga penyebabnya adalah korsleting di kabin mesin. Bukan hanya kerugian secara materil saja, terbakarnya mobil secara tiba-tiba juga bisa menghilangkan sebuah nyawa.

Untuk berjalan dengan baik, sebuah mobil membutuhkan banyak komponen yang dapat berfungsi dengan lancar. Begitu ada satu saja yang malfungsi, kerusakan bisa terjadi, mulai dari yang ringan hingga yang paling parah seperti terbakar.

[Baca Juga: 4 Tips Mudah Merawat Dasbor Mobil]

Simak artikel ini, untuk mengetahui potensi dari mobil apa saja yang membuat tiba-tiba terbakar dengan sendirinya:

1. Terlalu Panas

Salah satu bagian terpanas dalam mobil terdapat di sistem pembuangan atau di bagian knalpot, yang membentang dari bagian depan sampai bagian paling belakang mobil. Jika mesin mobil Anda tidak bekerja dengan baik, kerja sistem pembuangan akan terkena imbasnya. Otomatis kerjanya pun menjadi lebih ekstra, dan membuat temperature mesin menjadi tinggi, melebihi batas normal. Hal ini bisa jadi karena busi mobil Anda sudah tidak baik.

Bahaya! 5 Hal Ini Berpotensi Membuat Mobil Terbakar.jpg

Temperatur yang terlalu tinggi pada mobil Anda. Menjadi lebih berisiko buat terbakar. Untuk mencegah hal ini, selalu cek kondisi busi mobil Anda. Begitu pula ketika berkendara, selalu perhatikan kondisi temperature mobil Anda. Jika sudah terlalu tinggi, lebih baik berhenti terlebih dahulu kemudian bawa ke bengkel terdekat.

2. Kebocoran Saluran Bensin

Bahaya! 5 Hal Ini Berpotensi Membuat Mobil Terbakar.jpg

Seringkali ditemui penyebab utama kebakaran pada mobil. Disebabkan karena bocornya saluran bensin. Banyak faktor yang membuat saluran bensin menjadi bocor, terutama pada saluran pipa mobil Anda yang sudah korosif, tangki bocor, selang bocor, bahkan tutup tangki bensin yang sudah tidak layak. Untuk terhindar dari terbakarnya mobil secara tiba-tiba karena faktor tersebut. Ketika Anda sedang berkendara dan mencium bau bensin, lebih baik Anda berhenti terlebih dahulu dan cek seluruh bagian mobil Anda. Jika sudah aman Anda bisa melanjutkan perjalanan.

3. Gagal Desain

Penyebab kebakaran pada mobil, juga bisa karena adanya cacat pada desain mobil. Cacat pada mobil memang jarang menjadi penyebab utama mobil terbakar. Namun hal tersebut bisa menjadi pemicu masalah yang menyebabkan bahaya. Sebelum mobil dipasarkan ke masyarakat luas, pabrik pembuat mobil melakukan segala rangkaian uji keselamatan yang ketat. Namun tida ada yang tahu apabila kedepannya terdapat eror secara tiba-tiba.

Bahaya! 5 Hal Ini Berpotensi Membuat Mobil Terbakar.jpg

Dilansir dari Reuters Ford Motor Co pada Juni 2018, sebanyak 15.600 unit varian Ford Ikon dan Ford Figo di Afrika Selatan ditarik karena berpotensi kebakaran. Penyebab dilakukan penarikan ini karena adanya kebocoran pada cairan power sterering. Jika sistem pembuangan emisi kemasukan cairan power steering, akan menimbulkan api. Dengan demikian, sebelum membeli mobil, pastikan pabrik tempat pembuat mobil yang Anda taksir sudah terjamin dalam urusan keselamatan pengendara

4. Kebocoran Selang

Bahaya! 5 Hal Ini Berpotensi Membuat Mobil Terbakar.jpg

Dalam mobil terdapat berbagai jenis cairan yang mudah terbakar. Mulai dari oli mesin, oli transmisi, sampai oli rem. Cairan-cairan ini bisa saja bocor, yang kemudian munculnya percikan kecil mampu membuat mobil Anda terbakar. Untuk mencegah hal ini, perhatikan dan rawat sistem sirkulasi mobil Anda. Selalu perhatikan pula bagian bawah mobil sebelum Anda menyalakan mobil. Perhatikan apakah ada cairan yang bocor atau tidak.

5. Kurang Terawat

Bahaya! 5 Hal Ini Berpotensi Membuat Mobil Terbakar.jpg

Salah satu hal yang menyebabkan mobil terbakar secara tiba-tiba, adalah tidak pernahnya merawat mobil secara rutin. Bagi Anda pemilik mobil, rawatlah mobil secara rutin bisa juga dengan sering-sering mencuci mobil. Hal tersebut bertujuan agar kotoran yang mengendap pada bagian mobil yang sulit dijangkau hilang, dan mengganti oli secara rutin agar mesin mobil kembali seperti baru.