Ilustrasi Membersihkan Kaca Mobil.jpg

Bahan Rumahan Ini Bisa Atasi Jamur di Kaca Mobil

Selasa, 2 April 2019 11:00 | Galih Pratama

Kaca depan merupakan bagian penting dari mobil. Komponen ini berhubungan langsung dengan visibilitas saat mengendarai mobil. Sayangnya, kaca mobil selalu dihantui ‘musuh’ yang kerap mengganggu penglihatan pengendara. Salah satu ‘musuhnya’ adalah jamur.

Terutama di musim penghujan, kaca mobil sangat rentan sekali dihinggapi jamur. Tak perlu khawatir, banyak cara untuk menghilangkan jamur pada kaca mobil. Kali ini, Otopedia.com ingin memberikan solusi mudah mengatasi jamur kaca mobil hanya dengan bahan-bahan rumahan. Penasaran apa saja bahan rumahan tersebut? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Pemutih Pakain

Pemutih Pakaian.jpg

Seperti dilansir dari mobimoto.com pada Jumat (1/2/2019), tak hanya ampuh membersihkan pakaian, pemutih pakaian juga bisa Anda gunakan untuk menghilangkan jamur di kaca mobil.

Cara membersihkannya pun cukup mudah. Siapkan kain lembut dan basahi dengan pemutih pakaian. Lalu, usapkan kain tersebut pada kaca mobil kesayangan Anda. Setelah itu, bilas dengan menggunakan air bersih agar hasilnya lebih maksimal.

[Baca Juga: Tiga Cara Merawat Kaca Film Mobil yang Benar]

2. Pasta Gigi

Pasta Gigi.jpg

Bahan yang satu ini ternyata memiliki manfaat untuk menghilangkan jamur pada kaca mobil kesayangan Anda. Langkah pertama, Anda terlebih dahulu bersihkan kaca mobil.

Setelah bersih, kemudian Anda bisa mengolesi pas gigi pada bagian kaca mobil yang berjamur. Lalu, tunggu beberapa menit hingga pasta gigi tersebut kering. Kemudian dilanjutkan dengan membersihkannya dengan lap. Terakhir, bilas dengan air bersih dan keringkan.

3. Alkohol

Alkohol.jpg

Selain pasta gigi, alkohol juga bisa digunakan untuk membersihkan jamur pada kaca mobil. Hanya saja, alkohol yang bisa membersihkan jamur harus memiliki kadar di atas 50 persen.

Pertama, siapkan kain putih atau kapas yang sudah dibasahi dengan alkohol. Kemudian, gosokkan perlahan-lahan pada kaca mobil yang dihinggapi jamur. Setelah itu, bersihkan dengan kain halus.

4. Minuman Bersoda

Soda.jpg

Ternyata minuman bersoda bisa dimanfaatkan untuk membersihkan jamur pada kaca mobil. Cara membersihkannya pun sangat mudah. Terlebih dahulu cuci kaca mobil kesayangan Anda. Setelah dibersihkan, pastikan kaca mobil Anda dalam kondisi kering.

Lalu, siram minuman soda pada kaca yang berjamur. Kemudian, lap secara perhalan-lahan agar jamur rontok dari kaca mobil. Ingat, hindari membersihkan kaca dengan air biasa. Tujuannya agar soda bisa membersihkan jamur dengan maksimal.

[Baca Juga: Tips Mudah Atasi Kaca Berembun Saat Hujan]

5. Sari Cuka Apel

Sari Cuka Apel.jpg

Selain minuman bersoda, sari cuka apel juga bisa untuk mengusir jamur di kaca mobil. Pertama, basahi kain dengan sari cuka apel, lalu digosokkan pada kaca mobil hingga merata. Lalu, keringkan dengan kertas koran secara perlahan hingga jamur di kaca mobil hilang.

Itulah bahan rumahan yang berkhasiat membersihkan jamur yang menghinggap di kaca mobil kesayangan Anda. Cara membersihkannya pun cukup mudah. Selamat mencoba.

Artikel Lainnya

/media/images/Ban-Mobil.original.jpg

Pilih Mana, Ban Radial atau Bias?

/media/images/Kampas-Rem-Mobil.original.jpg

Tanda-tanda Kampas Rem Mobil Aus

/media/images/Oli-Transmisi-Matik.original.jpg

Cara Tepat Menguras Oli Transmisi Mobil Matik