Jok Mobil Sintetis.jpg

Bagus Mana, Jok Mobil Bahan Sintetis atau Semi Sintetis?

Senin, 11 Februari 2019 12:00 | Galih Pratama

Mendongkrak penampilan mobil tak melulu dilakukan dengan memodifikasi bagian luar atau eksterior. Area interior juga perlu mendapatkan porsi untuk dimodifikasi. Salah satu bagian interior yang mudah dimodifikasi adalah jok mobil. Modifikasi jok bisa dilakukan dengan mengganti bahan dasar kulit jok. Pilihan bahan yang paling diminati adalah kulit jok asli. Bahan ini memang bisa membuat tampilan interior mobil lebih mewah.

Untuk mengubah jok mobil dengan lapisan kulit asli, para pencinta otomotif memang harus merogoh kocek yang lebih dalam. Sedikitnya, Anda harus mengeluarkan biaya sekira Rp10 juta atau bahkan lebih.

Namun tak perlu khawatir, karena untuk memodifikasi atau mengganti bahan kulit jok mobil kini ada pilihan bahan lainnya. Misalnya kulit sintetis dan semi sintetis. Kedua bahan jok ini memiliki harga lebih miring dibanding dengan jok kulit asli. Umumnya, harga kulit jok sintetis dibanderol sekira Rp2 – Rp3 jutaan.

[Baca Juga: Begini Perawatan Jok Kulit yang Benar]

Kulit jok bahan sintetis memiliki beberapa keunggulan dibanding dengan kulit jok asli, terutama dalam hal ketahanan terhadap air. Bahan sintetis jika terkena keringat atau air tak mudah retak. Lain halnya dengan kulit jok asli, apabila tersiram air, diyakini akan mudah retak dan kotor.

“Bahan kulit jok asli kalau kena keringat mudah retak dan kotor. Lain hanya dengan bahan sintetis yang lebih tahan dengan air. Bedanya, bahan kulit itu nggak mungkin robek, yang bisa robek itu sintetis,” kata Marketing Padi Car Leather Seat, Misran Hadi, seperti dilansir dari viva.co.id pada Senin (11/2/2019).

Namun, bahan sintetis juga tak luput dari kelemahan. Karena kulit jok ini hanyalah tiruan, efek yang diberikan tak sama dengan kulit asli. Bahan sintetis memberikan efek mudah gerah pada bagian punggung dan dudukannya.

Apabila pencinta otomotif tak menyukai dengan efek yang ada pada kulit sintetis, masih ada pilihan bahan jok lainnya. Kulit semi sintetis pilihannya. Kulit jok semi sintetis menawarkan kenyamanan mirip dengan kulit asli. Selain tidak mudah robek, dudukan jok terasa lebih nyaman dan adem. Harganya pun tetap lebih murah dari bahan kulit, yakni sekira Rp5 jutaan.

[Baca Juga: 3 Solusi Agar Jok Empuk Kembali]

“Biasanya sih orang lebih milih pakai semi sintetis atau micro fiber leather. Soalnya tinggal nambah harga sedikit udah dapat jok kulit yang mirip kulit asli, lebih nyaman juga dan nggak panas," jelas Ananta, Pemilik Avatgarde seperti dilansir dari kabaroto.com.

Artikel Lainnya

/media/images/ilustrasi_bahan_bakar_mobil.original.jpg

Suka Gonta-Ganti BBM? Begini Efeknya

/media/images/Ilustrasi_ganti_rem_mobil.original.jpg

Catat, Ini Waktu yang Tepat Ganti Minyak Rem Mobil

/media/images/AC_Mobil_yRfHTsm.original.jpg

4 Kebiasaan Buruk Penyebab AC Mobil Cepat Rusak