Komunitas AXIC.jpg

AXIC Konsisten Kampanyekan Keselamatan Berkendara

Selasa, 20 November 2018 10:00 | Galih Pratama

Komunitas atau klub mobil umumnya lahir karena kesamaan merek mobil yang dikendarainya. Tapi tidak bagi AXIC atau Avanza Xenia Indonesia Club. Komunitas atau klub mobil ini justru menyatukan dua pencinta mobil yang berbeda, yakni Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

Dilansir dari laman axic.or.id, laman resmi AXIC pada Senin (19/11/2018), klub mobil ini berdiri pada 3 April 2004 dan telah memiliki 52 cabang yang tersebar di Tanah Air. Tak heran bila anggotanya saat ini telah mencapai 6.000 orang.

Anggota sendiri berasal dari berbagai kalangan dan latarbelakang profesi. Ada mahasiswa, pekerja, pebisnis, hingga pensiunan. Bisa dibilang, klub mobil ini bukan sekadar klub, tapi sudah menjadi keluarga. Pasalnya, setiap kegiatan klub mobil ini selalu melibatkan keluarga masing-masing anggotanya.

[Baca Juga: Ladies Car Community, Komunitas Mobil Perempuan Pertama Indonesia]

Hal ini sesuai dengan tujuan didirikan AXIC, yakni ingin menjadi wadah pemersatu pencinta Avanza dan Xenia di seluruh Indonesia. AXIC juga punya komitmen untuk selalu mendukung program-program pemerintah. Terutama dalam hal keselamatan berkendaran. Setiap kopi darat (kopdar), tak hanya sekadar saling berbagi informasi dan pengalaman tentang pengetahuan teknis kendaraan saja. Tapi mereka juga senantiasa memberikan penyuluhan-penyuluhan kepada anggota dan masyarakat luas agar selalu mematuhi peraturan lalu-lintas.

“Kami anti bahu jalan, tidak menggunakan handphone saat berkendara, dan selalu menggunakan lampu hazard ketika dalam kondisi darurat. Itu hal-hal yang menjadi wajib diterapkan setiap anggota,” klaim Taufik Hidayatulloh, Ketua AXIC periode 2018-2020.

AXIC-Konsisten-Kampanyekan-Keselamatan-Berkendara.jpg

Terbaru, mereka menggelar kegiatan gathering bersama keluarga para anggotanya pada Sabtu (3/11/2018) di Cawang, Jakarta Timur. Gathering kali ini, mereka meluncurkan kampanye yang bertajuk ‘Let Ambulance Pass Through’. Kampanye ini disebarluaskan secara masif lewat media sosial dan disosialisasikan kepada anggota AXIC yang tersebar di 52 cabang.

“Kami ingin mencontohkan kepada publik agar selalu memberikan prioritas jalan kepada ambulans. Harapan saya dengan adanya kampanye ini, para pengguna jalan lebih taat berlalu lintas dan mendahulukan ambulans ketika berada di jalan,” kata Taufik seperti dilansir dari indosport.com pada Senin (19/11/2018).

Sebelumnya, AXIC juga pernah menggelar beberapa kampanye tertib berlalu-lintas. Di antaranya adalah kampanye "Anti Bahu Jalan Tol", "Seat Belt For All", "No Texting While Driving", "No Hazard, Just For Emergency Only", dan “Think Before Cross The Flood".