Toyota-Avanza-Facelift-Siap-siap-Mengaspal-Awal-2019-2.jpg

Awal 2019, Toyota Avanza Facelift Siap Mengaspal di Indonesia

Rabu, 7 November 2018 15:00 | Galih Pratama

Pabrikan Toyota dengan produknya Avanza, sempat menjadi primadona dan merajai pasar low MPV (Multi Purpose Vehicle) di Tanah Air. Sayangnya, beberapa tahun terakhir ini, predikat tersebut mulai tergeser berkat kehadiran Mitsubishi Xpander.

Dilansir dari kompas.com pada Selasa (6/11/2018), Mitsubishi Xpander berhasil merajai penjualan di segmen low MPV untuk semester pertama 2018. Mereka berhasil mencetak penjualan sebanyak 39.948 unit. Hasil tersebut menumbangkan Toyota Avanza yang selama ini selalu menduduki posisi puncak. Pada semester pertama tahun ini, Toyota Avanza mencetak penjualan sebanyak 39.455 unit. Selisihnya ada 493 unit dari Mitsubishi Xpander.

Kondisi ini nyatanya membuat Toyota bergerak cepat memberikan penyegaran dan pembaruan pada mobil Avanza. Untuk menandingi Mitsubishi Xpander, kabarnya Toyota akan mengubah tampilan dari Avanza. Hanya saja, yang dikeluarkan Toyota bukan Avanza generasi terbaru, melainkan sekadar facelift saja, di mana sektor ubahan akan terlihat pada sisi eksteriornya yang digadang-gadang bakal merebut kembali pasar low MPV di Indonesia.

[Baca Juga: Pilihan Mobil Baru di Bawah Rp200 Juta]

General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), Fransiscus Soerjopranoto membocorkan beberapa hal terkait rancangan Toyota Avanza facelift. "Kita lihat saja Rush contohnya, itu bentuk eksteriornya diubah langsung booming. Itu yang kita lagi lihat. Jadi pelanggan ini butuh refreshment dari produk. Bukan masalah spesifikasi dasar saja, seperti front atau rear (penggerak roda depan atau belakang), automatic atau berapa speed (transmisi), bukan itu. Tapi kalau look-nya (desain) baru, konsumen beli," jelasnya seperti dilansir dari otosia.com pada Selasa (6/11/2018).

Selain Rush, Toyota juga melakukan penyegaran pada Nav1. Mobil ini berganti nama menjadi Voxy. Desain eksterior dan interior juga berubah lebih mewah. Hasilnya, penjualan mobil ini langsung meroket. Padahal secara platform mesin dan transmisi tak beda dibanding Nav1.

Dari situ, bisa disimpulkan bahwa eksterior Avanza facelift pasti dapat mengalami perubahan atau revisi. Namun dari sisi dapur pacu, belum tentu ada perubahan. Performa Avanza bisa dibilang cukup mumpuni untuk kelas low MPV dengan kombinasi mesin 1.500 cc berteknologi dual VVTi (Variable Valve Timing with Intelligence) yang membuat mobil semakin bertambah efisien, bertenaga, irit dalam penggunaan bahan bakar dan tentunya ramah dengan lingkungan. Sedangkan laju kendaraan masih mengandalkan penggerak roda belakang.

Toyota-Avanza-Facelift-Siap-siap-Mengaspal-Awal-2019.jpg

Perubahan selanjutnya kemungkinan yang disematkan Avanza facelift adalah fitur keselamatan. Diketahui, produk Toyota lainnya sudah disematkan unsur safety. Misalnya Rush, Vios, dan Yaris, sudah dilengkapi dengan vehicle stability control (VSC), airbag sekeliling kabin dan anti-lock braking system (ABS) di setiap varian.

Awalnya, Toyota Avanza facelift akan diperkenalkan pada akhir 2018. Namun informasi terbaru didapatkan dari sumber internal perusahaan menyebutkan, peluncurannya akan dilakukan pada awal 2019. “Bukan di akhir 2018, tapi awal 2019, iya yang facelift. Namun masih dalam tahap diskusi lagi,” ujar sumber seperti dikutip dari kompas.com pada Selasa (6/11/2018).

[Baca Juga: Beberapa Pilihan Mobil SUV Cocok Untuk Keluarga]

Tampilan baru mobil Toyota Avanza sempat diunggah oleh seorang desainer asal Indonesia dengan akun Instagram @joricer_design. Gambar yang dibuatnya tersebut kemudian diunggah ke situs picbear.online pada April 2018. Desain Toyota Avanza facelift yang dibuat tersebut terinspirasi dari Daihatsu DN Multisix Concept. Dalam desain buatan di akun @joricer_design, tampilan Toyota Avanza terlihat lebih gahar dan futuristik ketimbang yang beredar sekarang. Ini bisa dilihat dari tampilan depannya, yang terdapat sepasang air-intake ganda, lampu utama LED, dan bentuk yang tak terlalu membulat.

Mengenai harga, pihak Toyota belum menginformasikan kepada publik. Dilansir dari mobilmo.com, harga Toyota Avanza facelift diperkirakan hanya berkisar dari angka Rp10 juta hingga Rp15 juta dari harga Toyota Avanza keluaran sebelumnya. Namun harga tersebut hanya sekadar prediksi yang didapat dari berbagai sumber. Mengenai kapan dan harga pasti mobil tersebut, patut kita nantikan pada awal tahun 2019.