Aston Martin DBX.jpg

Aston Martin DBX, SUV Seksi yang Diproduksi Terbatas

Kamis, 21 November 2019 14:00 | Galih Pratama

OTONEWS – Sejak didirikan 1913, Aston Martin untuk pertama kalinya meluncurkan mobil segmen Sport Utility Vehicle (SUV). Bernama Aston Martin DBX, mobil SUV pabrikan asal Inggris ini menawarkan desain kelas atas yang dijual seharga USD 189.900 atau setara dengan Rp2,6 miliar.

"Saya tidak bisa menegaskan lebih tepat betapa DBX yang sangat menarik dan signifikan bagi Aston Martin. Melalui pengembangannya saja, SUV cantik ini telah membawa perusahaan ke wilayah baru dan ke arah yang inspiratif,” ujar Dr. Andy Palmer, Presiden Aston Martin seperti dikutip thesun.co.uk, Kamis (21/11/2019).

Interior Aston Martin DBX.jpg

Aston Martin BDX dirancang dengan sejumlah pengujian intensif yang bertujuan memberikan kenyamanan kelas wahid. Ini tergambar dari dalam kabin, di mana terdapat layar sentuh 10,25 inci, yang bisa memberikan informasi mengenai segala informasi mengenai kendaraan tersaji.

[Baca Juga: Aston Martin DB7 Elton John Dijual Rp500 Jutaan, Tertarik?]

Selain itu, terdapat juga kamera 360 derajat, dengan 64 warna lampu yang bisa diubah sesuai keinginan pengendara juga ikut disajikan. Untuk konfigurasi duduk, telah disiapkan untuk lima orang saja. Para desainer Aston Martin menterjemahkan semua kebutuhan secara praktis. Termasuk ruang bagasi menyediakan 632 liter dan lipat jok belakang 40:20:40. Komposisi tersebut membuat bagasi lebih luas.

Pada bagian kaki-kaki, Aston Martin memiliki piranti suspensi yang terbilang canggih, yakni adaptive triple volume air suspension yang dikombinasikan dengan 48v electric anti-roll control system (eARC) dan Electronic Adaptive Damper. Suspensi tersebut membuat DBX tetap nyaman melalui berbagai kondisi jalan.

Suspensi Aston Martin DBX.jpg

Sementara di balik kap mesin, terdapat mesin V8 4L twin-turbocharged dengan menghasilkan tenaga 542 tenaga kuda (tk). Mesin ini mampu membuat akselerasi mobil dari dari 0 hingga 100 kilometer (km)/jam hanya dengan waktu dalam 4,5 detik dengan top speed 291 km/jam.

Mesin Aston Martin DBX ini sama seperti yang digunakan pada Aston Martin DB11 dan Vantage. Aston Martin mengklaim mesin tersebut merupakan salah satu yang terkuat diproduksi di Wales Selatan.

[Baca Juga: Melongok Koleksi Aston Martin Cucu Soekarno]

Diyakini, Aston Martin DBX akan menjadi rebutan para pencinta otomotif. Pasalnya, untuk produksi pertama mobil SUV ini hanya akan ada 500 unit saja di dunia.

Artikel Lainnya

/media/images/Kia-Rio-Facelift-2.original.jpg

Kia Rio Facelift Kini Usung Mesin Hybrid Ringan

/media/images/Hyundai-Santa-Fe-Facelift.original.jpg

Hyundai Santa Fe 2021 Tak Sekadar Facelift