Aston Martin James Bond.jpg

Aston Martin DB5 James Bond Siap Dilelang, Harganya Fantastis!

Jumat, 14 Juni 2019 11:00 | Galih Pratama

Salah satu dari empat mobil Aston Martin DB5 yang pernah mejeng di film James Bond: Goldfinger lengkap dengan gadget-nya dikabarkan akan dilelang di rumah lelang Sotheby's, Amerika Serikat pada 15 Agustus 2019.

Mengutip dari liputan6.com, Jumat (14/6/2019), mobil Aston Martin DB5 bukanlah yang dipinjamkan Aston Martin kepada produsen film, tapi benar-benar kendaraan yang digunakan oleh James Bond di filmnya.

Mobil ini telah disematkan beragam teknologi unik dan canggih. Di antaranya suspensi hidrolik, kaca anti peluru, radar, ejector-seat, pelat nomor yang dapat menembak, penyemprotan oli, dan berbagai fitur lainnya.

[Baca Juga: Koleksi Mobil Keren yang Pernah Digunakan James Bond]

Interior Aston Martin.jpg

Perlengkapan sebagai agen mata-mata tersebut dibuat benar-benar berfungsi. Sehingga kelak pemiliknya bisa merasakan langsung bagaimana mengoperasikan ragam fitur canggih layaknya James Bond di film aslinya.

Dilansir dari detik.com, Aston Martin DB5 sebelumnya telah mengalami restorasi di Roos Engineering di Swiss. Satu dari 13 fasilitas yang ditunjuk Aston Martin sebagai Heritage Specialist.

"DB5 adalah Aston yang spesial, tetapi yang ini memiliki aura tersendiri. Berada dihadapannya itu sangat mengasyikkan. Standar restorasi Roos sangat mengesankan,"kata Sejarawan Stephen Archer.

Selama empat tahun direstorasi, tidak hanya soal perbaikan bodi dan sasis standar baru dari pabrik, tetapi juga peralatan James Bond sebagai agen mata-mata.

Selain kondisinya yang masih mulus, mobil ini juga sempat dimiliki kalangan terbatas. Hanya tiga orang yang pernah memiliki mobil ini selama lima dekade terakhir.

[Baca Juga: Melihat Gaharnya Koleksi Mobil Keanu Reeves ‘John Wick’]

Fitur Aston Martin James Bond.jpg

Sementara mengenai dapur pacu, Aston Martin DB5 dibekali mesin DOHC Straight-6 4.0L yang sanggup menyemburkan 282 tenaga kuda (tk) dan torsi maksimal 380-390 NM di 4.500 rpm.

Rumah lelang Sotheby's yang akan menjual mobil ikonik yang hanya diproduksi sebanyak 2 unit di dunia ini memperkirakan akan terjual di kisaran 4 juta - 6 juta dolar AS (sekitar Rp 57,2 miliar - Rp85,8 miliar).