AMMDes.jpg

AMMDes Disulap Jadi Truk Molen di IMX 2019, Begini Wujudnya

Sabtu, 28 September 2019 17:00 | Galih Pratama

OTONEWS – Tak hanya menampilkan jajaran kendaraan modifikasi yang ciamik dan kekinian saja, ajang pameran Indonesia Modification Expo (IMX) 2019 juga menghadirkan kendaraan Alat Mekanik Multifungsi Pedesaan (AMMDes). Kendaraan AMMDes yang ditampilkan pun tak sembarangan, sebab mobil yang identik dengan pengangkut hasil pertanian ini telah dimodifikasi oleh anak muda Indonesia.

Lewat aktivasi AMMDes Digimodz, Kementerian Perindustrian Indonesia (Kemenperin) dan RI dan PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI) selaku produsen AMMDes menggelar kompetisi digital khusus kendaraan AMMDes yang dipamerkan di IMX 2019 yang berlangsung di Balai Kartini, Sabtu (28/9/2019).

Setelah melewati serangkaian penilaian, Dandung Prasojo dari Banyuwangi akhirnya didaulat menjadi pemenang kompetisi AMMDes Digimodz. Dandung menyulap AMMDes menjadi kendaraan mini mixer truck yang dinamai AMMDes Konkret Mixer.

[Baca Juga: Suzuki Pamerkan New Carry Fluzh Concept di IMX 2019]

Mobil AMMDes.jpg

Konsep tersebut dinilai kuat dan bisa sangat berguna jika dikembangkan pada AMMDes untuk pembangunan jalan dan bangunan di pedesaan dengan kawasan yang tak mungkin dimasuki truk “molen” berukuran besar.

Dandung bercerita, ide awal munculnya kendaraan mini mixer ini dikarenakan AMMDes dinilai kurang mampu dimanfaatkn sebagai kendaraan yang mendukung pembangunan infrastruktur desa, khususnya jalan.

Mixer truck semen yang kebanyakan memiliki badan besar terkadang sulit untuk menjangkau daerah pedesaan yang memiliki jalan sempit. Apalagi, yang saya lihat kalau di pedesaan masih pakai mixer yang didorong atau ditarik itu mobiliasasinya kurang. Jadi, saya pengennya bisa menyatu antara kendaraan dan mixer," terangnya di sela-sela IMX 2019.

Khusus bagian belakang, Dandung mengubahnya dengan tambahan mixer berukuran mini berbalut warna kuning. Selain itu, ubahan lain juga terdapat pada bagian lampu dan atap kendaraan. Atap kendaraan diubah dan ditambahkan space untuk menyimpan alat-alat bangunan. “Kalau bagian roda, saya masih menggunakan roda asli dari AMMDes karena kualitasnya sudah cukup baik,” jelasnya.

AMMDes Molen.jpg

[Baca Juga: Body Kit Lamborghini Aventador Buatan Lokal Mejeng di IMX 2019]

Dandung berharap ke depannya AMMDes truk molen mini hasil modifikasinya bisa diaplikasikan secara nyata, sehingga bermanfaat bagi masyarakat pedesaan dalam hal pembangunan.

Sementara Menteri Perindustrian Ailangga Hartarto mengapresiasi hasil modifikasi digital yang telah dilakukan anak-anak muda Indonesia. Menurutnya, modifikasi AMMDes secara tidak langsung mampu membangkitkan talenta-talenta anak muda dalam memodifikasi kendaraan.

“Kita lihat untuk AMMDes ada yang desain untuk ambulans, pemadam kebakaran, ada yang untuk search and resque, ada yang untuk mix semen. Ini akan mendorong talenta-talenta kita untuk berkreasi dan juga ada bisa meningkatkan bisnis modifikasi,” kata Airlangga.