Juara-Nasional-Alvin-Bahar.jpg

Alvin Bahar Resmi Dinobatkan Juara Nasional Balap Turing 2019

Jumat, 20 Desember 2019 12:00 | Galih Pratama

OTONEWS - Pembalap tim Honda Racing Indonesia (HRI) Alvin Bahar dinobatkan sebagai juara nasional balap Indonesia Touring Car Race (ITCR) 1600 Max dalam seremoni yang digelar Ikatan Motor Indonesia (IMI) di Jakarta, 18 Desember 2019.

Gelar tersebut sekaligus mengukuhkan Alvin sebagai juara nasional untuk kedelapan kalinya di ajang balap Indonesia. Sebelumnya, Alvin telah meraih gelar juara di ajang Group N pada tahun 2004, ajang GT Car Master pada 2006 hingga 2008, ajang ITCC 1.500 pada 2014 dan 2015 serta ajang ITCC 1.600 Max pada 2016 lalu.

Pada musim 2019, Alvin tercatat mengumpulkan poin terbanyak yaitu sebesar 73 poin. Di sepanjang musim ini, Alvin yang mengendarai mobil balap Honda Jazz berhasil menjadi juara di seri kedua hingga kelima.

Perjuangan Alvin merengkuh gelar ini bisa dibilang cukup berliku. Dia sempat mendapatkan sanksi penalti akibat jump start yang dilakukan pada awal balapan di Sirkuit Internasional Bogor, Jawa Barat, Minggu (10/11/2019).

[Baca Juga: 4 Pembalap Indonesia yang Mendunia]

Alhasil, Alvin hanya bisa finis di posisi keempat pada putaran 6 ISSOM, kelas kejurnas ITCR Max. Duet pembalap Toyota Team Indonesia (TTI) TRD, Haridarma Manoppo dan Demas Agil, mendapat "keuntungan" dari drive through penalty yang diberikan kepada Alvin sehingga keduanya finis di posisi 1-2, diikuti Avila Bahar (ABM Motorsport) dan Alvin di posisi keempat.

Pada seri pamungkas di BSD City Grand Prix pada awal Desember lalu, Alvin Bahar kembali bersaing dengan Haridarma Manoppo. Di seri tersebut, Alvin kembali harus puas menduduki posisi kedua. Sedangkan posisi pertama direngkuh Haridarma Manopo. Meski kalah, Alvin tetap memimpin dengan perolehan 73 poin diikuti Demas Agil (TTI) dengan 54 angka, dan Avila Bahar dari ABM Motorsport di tempat ketiga dengan 50 poin.

Yusak Billy sebagai Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor mengatakan, musim balap kali menghadirkan persaingan yang ketat, terutama bagi Tim Honda Racing Indonesia.

“Alvin tetap menunjukkan kematangan sebagai pembalap berpengalaman yang juga didukung oleh performa mobil balap All New Honda Jazz yang sangat kompetitif. Performa yang konsisten dari Alvin didukung dengan kehandalan mobil balap All New Honda Jazz kembali memberikan hasil yang sangat positif di sepanjang musim ini," kata Billy dalam siaran persnya.