Mazda2 Facelift.jpg

Alasan Harga Mazda2 Facelift Turun Rp20 Juta

Selasa, 26 November 2019 11:00 | Galih Pratama

OTONEWS – PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) selaku Agen Pemegang Merek (AMP) Mazda di Tanah Air melakukan penyegaran pada model Mazda2. Menariknya, ternyata Mazda2 facelift yang kini tempil lebih menawan ini dibanderol dengan harga yang lebih murah dibanding versi sebelumnya.

“Sekarang Rp302,8 juta untuk varian Mazda2 yang paling tinggi. Dulu kan yang paling tingginya sekitar Rp320 juta. Jadi, ada penurunan sekitar Rp20 juta. Kami lihat setiap segmen itu ada kebutuhannya, jadi kami sesuaikan, tapi bukan downgrade,” jelas Direktur Penjualan dan Pemasaran PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) Ricky Thio beberapa waktu lalu.

Penurunan harga tersebut dilakukan dengan membuang sejumlah fitur yagn ada versi sebelumnya, terutama varian GT. Fitur tersebut mulai dari sunroof, jok kulit, CBS Smart City Drive Support hingga Rear Cross Traffic Alert, sekarang sudah tidak terdapat lagi di Mazda2 facelift.

“Fitur tersebut dihilangkan karena membuat harga Mazda2 jauh lebih tinggi dibanding dengan kompetitor terdepatnya. Dulu kan kita bikin Mazda2 GT itu fully-loaded, semua teknologi dan fitur kita masukin, hasilnya harganya jadi melambung,” kata Fedy Dwi Parileksono, Head of Department PR and Media Communication PT EMI.

[Baca Juga: Intip Spesifikasi dan Tampilan Mazda2 Facelift]

Menurutnya, strategi ini bukan semata menyesuaikan dengan daya beli konsumen di Indonesia. Ini dilakukan untuk menurunkan perbedaan harga varian tertinggi dan teratas Mazda2. Sebelumnya, varian tertinggi Mazda2 dinilai terlalu mahal oleh konsumen yang membandingkan dengan varian tertinggi dari model kompetitor di segmen yang sama.

“Kami ingin menyamakan persepsi supaya di masyarakat itu antara kompetitor dengan barang yang kita punya mempunyai value for money yang sama,” ungkapnya.

Tampilan Mazda2 Facelift

Dari sisi eksterior, Mazda2 terbaru ini mengalami banyak perubahan. Desainnya kini lebih simpel dan mewah dengan rangka bodi yang didukung teknologi SKYACTIV. Pada bagian lampu depan telah dibekali teknologi LED dan DRL (Day-time Running Light) di varian GT mengapit grille baru dengan imbuhan aksen krom yang membentuk sayap.

Beranjak ke dalam kabin, desain interior New Mazda2 menggunakan material berkualitas menawarkan ruang kabin yang lapang. Kabin New Mazda2 juga tidak luput dari peningkatan. Terutama mengenai kekedapan kabin yang ditingkatkan melalui penambahan peredam di beberapa tempat seperti seal pintu bagasi dan headliner.

Untuk tenaga, Mazda2 facelift menggunakan mesin empat silinder berteknologi SKYACTIV-G dengan kapasitas 1,5 liter dibuat untuk lebih responsif. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 111 tenaga kuda pada 6.000 rpm. Dorongan torsi maksimum tersedia pada 4.000 rpm sebesar 144 Nm. Transmisi otomatis 6-speed siap menghantarkan output mesin ke roda depan (FWD).

[Baca Juga: FWD]

Saat ini, PT EMI menawarkan Mazda2 facelift tipe R seharga Rp285.300.000. Sedangkan Mazda2 tipe GT dibanderol Rp 302.800.000 on-the-road Jakarta.