DFSK Glory E3.jpg

Alasan DFSK Belum Memasarkan Mobil Listrik Glory E3

Jumat, 6 September 2019 10:00 | Galih Pratama

OTONEWS - Hadirnya Peraturan Presiden (Perpres) No 55 tahun 2019 tentang Kendaraan Listrik mendorong pabrikan mobil berlomba memasarkan kendaraan listrik andalannya. Ada yang sudah resmi memasarkannya, ada juga yang masih menahan diri. PT Sokonindo Automobile (DFSK) contohnya. Hingga saat ini, mereka belum memasarkan mobil listrik andalannya, Glory E3.

Head of Product Planning PT Sokonindo Automobile Ricky Humisar mengatakan, belum dirilisnya harga Glory E3 berkaitan dengan regulasi pemerintah. Pihaknya masih menunggu turunan Perpres Kendaraan Listrik.

“Untuk harga kami masih belum bisa menentukan, karena menunggu regulasi pemerintah,” ujar Ricky di booth DFSK di Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019 di Balai Kartini, Jakarta (5/9/2019).

[Baca Juga: Tantang Wuling, DFSK Hadirkan Mobil Pintar Glory I-Auto]

Meski demikian, Ricky memberikan bocoran harga DFSK Glory E3 di negeri asalnya Tiongkok. Harganya diklaim cukup terjangkau untuk mobil sekelas SUV. “Kalau di sana, lihat dari website-nya itu harga berkisar di angka 200 ribu yuan. Itu dengan regulasi di sana, kalau di sini bisa saja berbeda," ujarnya.

Mesin Glory E3.jpg

Harga tersebut jika dikonversikan atau kalkulasikan dengan mata uang rupiah saat ini, Glory E3 memiliki harga di kisaran Rp396 jutaan.

Meski belum merilis harga, Ricky mengaku DSFK siap memasarkan Glory E3 jika semua peraturan dari berbagai kementerian mengenai kendaraan listrik telah resmi dan turunan Perpres Kendaraan Listrik sudah jelas.

"Kita sebenarnya sudah siap, tergantung pengaturan TKDN-nya bagaimana, insentif kalau misalnya kita bangun fasilitas di Indonesia bagaimana, jadi banyak, tapi kalau bilang kemungkinan produksi lokal, ada," katanya.

[Baca Juga: Perpres Mobil Listrik Resmi Diundangkan, Ini Rincian Isinya]

Charging Glory E3.jpg

Spesifikasi Glory E3

Glory E3 didesain dengan teknologi listrik dengan model Battery Electric (BE) yang sepenuhnya mengandalkan baterai dan motor listrik sebagai tenaga penggeraknya. Pada sektor tenaga, motor listrik ini bersumber pada baterai listrik berkapasitas 52,2 kWh.

Dengan kapasitas tesebut, Glory E3 mampu menempuh jarak hingga 405 Kilometer dengan kondisi baterai terisi penuh. Sedangkan pilihan warnanya terbagi menjadi tiga, yakni Interstellar Blue, White Pearl, dan Flaming Red.