Esemka.jpg

Akhirnya, Presiden Jokowi Resmikan Pabrik Mobil Esemka

Jumat, 6 September 2019 13:00 | Galih Pratama

OTONEWS - Setelah menunggu sekian lama, akhirnya hari ini, Jumat (6/9/2019), pabrik mobil Esemka di Boyolali, Jawa tengah diresmikan langsung oleh Presiden Jokowi. Pada momen ini, Esemka juga mengumumkan secara resmi peluncuran mobil perdananya.

Momen peresmian pabrik mobil Esemka ini setidaknya tergambar dari cuitan Twitter Budiman Sudjatmiko, anggota DPR lewat akun @budimandjatmiko. “Presiden @jokowi sdg meresmikan PT ESEMKA yg merupakan karya SMK di Solo dan sekitarnya,” tulisnya.

Dalam cuitan tersebut, Budiman juga membagi foto suasana peresmian Pabrik Esemka. Terlihat, Presiden Jokowi didampingi Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) Eddy Wirajaya, dan pejabat lainnya.

Esemka.jpg

[Baca Juga: Esemka Ogah Disebut Mobil Nasional]

Diketahui, pabrik mobil Esemka ini berdiri di atas lahan seluas 115.000 meter persegi dengan luas bangunan 12.500 meter persegi. Tanah itu disewa untuk jangka waktu selama 30 tahun dan nilai investasi pabrik ini mencapai Rp600 miliar.

Di dalam pabrik, terdapat sejumlah ruang produksi mobil. Mulai dari ruang pamer, pengecatan, perakitan kendaraan, perakitan mesin, pengetesan mesin, pengetesan kendaraan, dan inspeksi. Kapasitas produksi pabrik dikatakan mencapai 18 ribu unit per tahun, itu berarti 1.500 unit per bulan atau sekitar 50 unit per hari.

Saat ini pabrik sudah digunakan untuk merakit beberapa unit pikap Esemka Bima. Pada momen peresmian pabrik, mobil pikap ini juga diluncurkan menjadi mobil perdana dari Esemka.

[Baca Juga: Pemerintah Targetkan 400 Ribu Mobil Listrik Tahun 2025]

Esemka Bima ditawarkan dalam dua pilihan mesin 1.2 L E-power 14 DOHC. Mobil memiliki daya maksimum setara 72 kW dan torsi maksimum 119 Nm. Secara dimensi, Esemka memiliki panjang 4.560 mm, lebar 1.645 mm, dan tinggi 1.890 mm dengan karbo boks berukuran 2.750 mmx 1.600 mm x 460 mm.

Dikabarkan, Esemka Bima dibanderol cukup terjangkau dengan harga di bawah Rp150 juta. Dipasar otomotif nasional, Bima bakal bersaing dengan produk Jepang, yakni Suzuki Carry dan Daihatsu Gran Max.