Akhir Tahun Nanti Aston Martin Valkyrie Mengaspal di Indonesia.jpg

Akhir Tahun Nanti Aston Martin Valkyrie Mengaspal di Indonesia

Rabu, 26 September 2018 12:00 | Inggil Yustiar

Belum lama setelah mengenalkan Aston Martin Vanquish Carbon Edition di Indonesia yang hanya ada satu unit saja. Produsen mobil asal Inggris ini mengumumkan. Bahwa mobil Aston Martin Valkyrie ini segera rilis pada akhir 2018.

Pada Juli 2016 lalu, terdengar kabar bahwa pabrik mobil asal Inggris ini sedang menjalin kerjasama dengan pihak Red Bull Advanced Technology (RBAT) dan juga Af Racing. Kolaborasi dari ketiga perusahaan tersebut menghasilkan sebuah hypercar terbaru dari Aston Martin yang berkode AM-RB 001. Sudah tersebar pula cuplikan video teasernya di internet.

Seri AM-RB 001 ini banyak yang mengatakan, akan menjadi Aston Martin tercepat dan desain interior maupun eksterior terkeren yang pernah diproduksi oleh mereka. Untuk kecepatannya sendiri setelah berhasil menggandeng RBAT dan AF Racing, Aston Martin Valkyrie akan menjadi hypercar tercepat, bahkan lebih cepat dari Vulcan.

[Baca Juga: Deretan Mobil Hybrid Berteknologi Canggih]

Kecepatan dari mobil itu tidak lepas dari teknologi yang dipakai. Dilansir dari detik.com (25/18) otak dibalik semua ini, Cosworth selaku pembuat mobil mengungkapkan bahwa hypercar tersebut akan menjadi mobil dengan mesin naturally-aspiarated terkencang di dunia. Mesin V12 miliknya nanti dapat menghembuskan hingga 1.120 bhp (Brake Horse Power). Selain memiliki mesin konvensional, mobil ini juga didukung oleh sistem hibrida yang bisa menyemburkan kekuatan sekitar 1.000 bhp.

Akhir Tahun Nanti Aston Martin Valkyrie Mengaspal di Indonesia.jpg

Mobil ini kabarnya hanya akan diproduksi sebanyak 150 unit di dunia. Untuk wujud aslinya sendiri sudah siap untuk mengaspal di jalan raya dalam beberapa bulan ke depan. Sebenarnya mobil yang selama ini kalian lihat adalah Aston Martin Valkyrie yang belum memiliki bentuk near production sama sekali.

Dilansir dari detik.com selaku Eksekutif dari Aston MartinRed Bull Racing, Christian Honer mengungkapkan bahwa hypercar Aston Martin tersebut akan segera diluncurkan beberapa bulan lagi. Honer mengungkapkan bahwa prototipe Valkyrie sendiri sedang dalam proses simulasi akhir hingga akhirnya selesai diproduksi. Perkiraannya mobil ini dapat mengaspal setelah Natal 2018.

“Mobil ini masih dalam simulasi namun perkembangannya sangat menggembirakan. Valkyrie akan menjadi mobil yang mengagumkan karena luar biasa dan ikonik. Pada hari Natal tahun ini atau menjelang akhir 2018, Valkyrie bakal mulai berjalan di jalan raya,” ungkap Christian Honer seperti yang dilansir dari detik.com (25/9/18).

Untuk saat ini, kedua pihak dari Red Bull dan Aston Martin tengah fokus pada pembuatan parts mahal pada bagian Valkyrie. Honer mengungkapkan transmisi dan mesinnya sendiri terlihat hebat. Sedangkan untuk model prototipenya yang sudah mendekati produksi tersebut, mempunyai julukan “diffuser on wheels.” Julukan tersebut dipasangkan karena hypercar ini memiliki tingkat downforce sangat tinggi yang dihasilkan oleh Valkyrie.

Mobil Dari Bulan

Salah satu yang membuat Aston Martin Valkyire ini unik, yakni bagian pada mobil ini memiliki campuran bahan bulan. Permintaan tersebur dikeluarkan oleh pemilik pertamanya untuk roda empat ini. bekerja sama dengan Red Bull, beberapa lekukan di Valkyrie akan menggunakan muatan yang tidak biasa, yaitu debu dari bulan.

Akhir Tahun Nanti Aston Martin Valkyrie Mengaspal di Indonesia.jpg

Batu dari bulan akan dihancurkan menjadi debu, kemudian debu tersebut akan ditambahkan pada cat merah yang menghiasi Valkyrie. Seperti yang diberitakan Motor1.com (2/18), hal tersebut mengacu pada kecanggihan dan keunikan seluruh tampang dari Valkyrie, khususnya pada bagian cat. Sebelum diproduksi, Honer meminta tambahan berupa fitur pada hypercar dari Aston Martin tersebut. Tidak dijelaskan secara rinci apa yang ditambahkan dalam mobil tersebut, tapi ia mengaku akan membawa roda empat itu keluar dari dunia ini.