Toyota Prius PHEV.jpg

Akhir Tahun Ini Toyota Akan Luncurkan Sedan Prius PHEV

Senin, 14 Oktober 2019 16:00 | Galih Pratama

OTONEWS - Setelah Calya facelift, dikabarkan PT Toyota Astra Motor (TAM) akan kembali meluncurkan produk teranyarnya. Mereka akan menutup akhir tahun atau kuartal empat dengan menghadirkan Toyota Prius PHEV untuk pasar Indonesia.

“Sekarang lebih ke prosedural saja. Prinsipal memang pada saat memutuskan iya atau tidak, kan semua bagian dari produknya. Purna jual dan garansinya. Jadi ini prosedur normal sih sebenanya. Memang butuh waktu,” ungkap Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT TAM seperti dilansir mobil123.com, Senin (14/10/2019).

Diakui Anton, pihaknya belum bisa memastikan bulan peluncurannya. Namun, dia memperkirakan Toyota Prius PHEV akan diperkenalkan pada kuartal empat antara November dan Desember 2019. “Paling lama akhir tahun lah. Desember. Agak susah (memastikan) karena ini kan, tergantung principal,” terangnya lagi.

[Baca Juga: Mengenal Fitur Toyota Safety Sense pada Corolla Altis Hybrid]

Diketahui, Toyota Prius PHEV sempat dipajang di ajang GIIAS 2018 pada Juli lalu. Mobil rendah emisi itu merupakan mobil listrik pertama yang memiliki fitur fast charging, yang sanggup mengisi baterai hingga 80 persen hanya dalam jangka waktu 20 menit saja.

Hampir serupa dengan Prius Hybrid yang terlebih dahulu dipasarkan sejak 2009, Toyota Prius PHEV hanya terdapat tambahan charger listrik untuk mengisi daya baterai. Sedangkan teknologi PHEV akan meningkatkan jarak tempuh mobil ketika menggunakan electric mode.

Ketika mode elektrik diaktifkan, Toyota Prius PHEV sanggup melaju sejauh 68,2 kilometer dan kecepatan penuh tembus 135 kilometer per jam. Sedangkan untuk mengisi penuh baterai, butuh waktu 2 jam 20 menit untuk tegangan listrik 200 volt dan sekitar 14 jam untuk tegangan listrik 100 volt.

[Baca Juga: Sulitkah Mengurus Surat-Surat Kendaraan Listrik?]

Sementara dalam pengujian Toyota mencatat jarak tempuh Prius PHEV Gen-4 dalam posisi tangki bensin terisi penuh mencapai kurang lebih 1.700 kilometer. Hasil ini lebih baik ketimbang model HEV yang mencapai kurang lebih 800 kilometer.

Jika benar-benar diperkenalkan, Toyota Prius PHEV akan menjadi kendaraan berteknologi plug-in hybrid kedua yang mengaspal di Tanah Air setelah Mitsubishi Outlander PHEV. Mengenai harga, Toyota menargetkan Prius PHEV berbanderol kurang dari Rp1 miliar.