Agar Mobil Tetap Sejuk meskipun AC Mati.jpg

Agar Mobil Tetap Sejuk meskipun AC Mati

Kamis, 31 Januari 2019 13:00 | Inggil Yustiar

Mengendarai mobil dengan hawa sejuk di kabin dapat membuat pengendara lebih nyaman. Dengan begitu, perjalanan jauh pun dirasa tidak ada masalah, meskipun saat udara di luar mobil terasa panas. Tapi, bagamana jika AC pada mobil Anda rusak dan udara di luar terasa sangat panas? Tentunya hal itu membuat Anda tidak ingin berlama-lama berada di dalam mobil.

[Baca Juga: Penyebab AC Mobil Tidak Dingin]

Salah satu solusi dari permasalahan di atas adalah memperbaiki AC mobil Anda. Namun bagaimana jika Anda tidak mempunyai banyak waktu untuk menunggu sistem pendingin mobil Anda kembali normal?

Walaupun tidak benar-benar menghilangkan rasa panas, setidaknya hal berikut dapat mengurangi hawa panas pada mobil Anda tanpa menggunakan AC.

  1. Turunkan Kaca Jendela
Turunkan Jendela Mobil.jpg

Cara yang satu ini menjadi solusi tepat agar hawa panas dalam mobil Anda berkurang. Masuknya angin dari luar setidaknya dapat memberi Anda hawa segar. Terlebih saat Anda berkunjung ke pantai, embusan angin laut tentu akan membuat terasa sejuk walaupun tanpa menggunakan AC mobil.

2. Gunakan Pakaian Terang

Gunakan pakaian terang.jpg

Warna gelap pada pakaian dapat membuat tubuh terasa lebih panas maka. Sebaiknya, hindari pakaian berwarna gelap saat berkendara tanpa AC. Pilih warna pakaian terang dan terbuat dari bahan yang dapat menyerap keringat.

3. Lepas Alas Kaki

Lepas alas kaki.jpg

Saat mengemudikan mobil, bagian tubuh yang sering bergerak adalah kaki dan tangan. Di sisi lain saat Anda menggunakan alas kaki Anda tidak leluasa dalam berkendara. Melepaskan alas kaki dapat membuat kaki Anda lebih rileks dan mengurangi rasa panas. Anda juga bisa menggunakan sandal jepit untuk mengurangi hawa panas.

4. Rencanakan Perjalanan

Tentukan Perjalananjpg

Ada baiknya sebelum memulai berkendara, Anda rencanakan waktu dan jalan yang akan di telusuri. Pilihlah waktu yang tepat, yaitu di pagi hari ataupun sore hari. Begitu juga dengan jalan yang Anda telusuri. Pilihlah rute yang banyak pohonnya, karena akan mengurangi hawa panas dalam mobil.