Adaptive Cruise Control

Adaptive Cruise Control

Jumat, 25 Januari 2019 18:00 | Galih Pratama

Adaptive Cruise Control (ACC) adalah sistem untuk mengontrol percepatan dan pengereman di kendaraan secara otomatis. Sistem ini menggunakan sensor atau radar untuk mendeteksi jarak dengan kendaraan di depan dan mempersiapkan pengereman ketika jarak terlalu dekat atau menambah kecepatan ketika jarak aman.

Sejarah

Sistem ini pertama kali dikembangkan oleh perusahaan Mitsubishi besutan Jepang dengan menggunakan sensor untuk mendeteksi keberadaan benda-benda di lingkungan sekitar. Awalnya, sistem ini hanya memberikan peringatan kepada pengemudi. Namun seiring dengan perkembangan teknologi, Adaptive Cruise Control kini mampu melakukan pengendalian percepatan dan pengereman saat berkendaraan. Perubahan ini (percepatan dan pengereman) bisa diketahui oleh radar yang disematkan pada kendaraan.

[Baca Juga: Understeer]

Cara Kerja Adaptive Cruise Control

Kerja Adaptive Cruise Control mengandalkan radar. Radar yang disematkan dalam mobil memiliki konsep kerja mengukur jarak dari sensor ke target. Ukuran jarak tersebut diperoleh dengan cara mengukur waktu yang dibutuhkan gelombang elektromagnetik mulai dari sensor ke target dan kembali ke sensor. Sehingga mengetahui persis, kapan waktu untuk meredam kecepatan saat mobil yang kita kendarai berdekatan dengan kendaraan di depan.

Radar selalu bekerja memberikan input kepada sistem elektronik mobil untuk mengatur bukaan gas, transmisi, manajemen tenaga mesin, dan pengereman. Sistem ini akan memberikan peringatan jika radar menyadari ada potensi kecelakaan via cahaya dan klakson.

Contoh sederhananya adalah jika Adaptive Cruise Control mendeteksi sebuah halangan di jalan, atau kendaraan di depannya melambat, maka sistem tersebut dapat memperlambat kecepatan dengan mengalihkan gigi lebih rendah, dan mengaktifkan rem.

[Baca Juga: Back Sonar System]

Keuntungan Adaptive Cruise Control

Sistem Adaptive Cruise Control dalam mobil sangat membantu menyelesaikan beberapa masalah yang biasa dihadapi pengemudi. Misalnya pengendara mobil tidak bisa memprediksi gerakan mobil yang lain seperti rem mendadak. Ada juga kebiasaan pengendara yang tak bisa menjaga jarak dengan mobil lain, sehingga mengakibatkan tabrakan. Masalah-masalah tersebut bisa diatasi dengan sistem Adaptive Cruise Control. Sementara mobil yang sudah menerapkan teknologi sistem ini adalah Honda CRV dan Mazda 6.

Referensi: wikipedia.org, teknik-otomotif.com, gridoto.com