Ban Mobil.jpg

Ada Tiga Tipe Kompon Ban Mobil, Mana yang Cocok Buat Harian?

Jumat, 28 Februari 2020 12:00 | Galih Pratama

OTONEWS – Setiap ban mobil memiliki material dasar pembentuk ban yang berbeda. Material dasar itu biasa disebut compound atau kompon. Di pasaran, setidaknya ada tiga jenis kompon ban, yakni soft, medium, dan hard. Keterangan tipe kompon ban bisa diketahui di bagian samping ban. Lalu, apa perbedaan dari ketiganya?

Dijelaskan Ridwan, Kelapa Toko OZ Tire Bintaro, masing-masing jenis kompon ban mobil memiliki karakteristik yang berbeda. Karakteristik tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan ketika digunakan.

“Masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya. Dan sebenarnya, balik lagi ke pemilik mobil, seleranya itu lebih bahan yang mana,” ujar Ridwan kepada Otopedia beberapa waktu lalu.

Contohnya ban dengan kompon hard atau keras. Menurutnya, sesuai namanya, jenis kompon ini dibentuk dengan material dasar yang keras. Keunggulan dari jenis ban ini, kata Ridwan, tahan akan jalan-jalan yang ekstrem seperti bebatuan atau jalan berlubang. “Bahan ini memang lebih kuat buat di jalan ekstrem,” katanya.

[Baca Juga: Intip Daftar Harga Terbaru Ban Mobil GT Radial]

Ban GT Radial.jpg

Selain itu, lanjutnya, keunggulan lainnya tentunya lebih awet dibanding dengan jenis kompon ban lainnya. Hanya saja, jenis ban ini juga memiliki kekurangannya. “Ban ini bikin bantingan mobil keras dan suaranya bising. Bikin kurang nyaman,” katanya.

Kemudian untuk jenis medium, kata Ridwan, kekerasan bahan dasar bannya di antara soft dan hard. Selain relatif tahan lama, tapi ban tipe ini tetap punya daya cengkeram yang cukup bagus.

Terakhir, jenis kompon soft. Menurut Ridwan, jenis ban ini memang paling banyak digunakan pemilik mobil. Karakter bannya yang lembut, membuat kendaraan terasa nyaman saat di jalan. “Karena kompon soft lebih nyaman dan empuk digunakan. Daya cengkeram ke aspalnya juga lebih baik,” kata Ridwan.

Karakter tersebut (nyaman dan empuk), lanjutnya, tak jauh berbeda dengan kompon medium. Kedua jenis kompon ini, menurut Ridwan, cocok digunakan untuk iklim tropis seperti di Indonesia. “Kalau untuk harian cocok gunakan jenis ban soft atau medium,” tuturnya.

Hanya saja, kata Ridwan, karena bahan dasarnya empuk atau lunak, ban jenis ini cepat aus. Berbeda dengan jenis kompon medium dan hard. “Kalau yang soft, lebih banyak gesekan ke jalan. Ban lebih cepat digantinya,” ujar Ridwan.

Di OZ Tire Bintaro, outlet resmi GT Radial, salah satu ban jenis soft yang ditawarkan adalah tipe Champiro ECO. Jenis ban ini memang cocok digunakan harian karena memiliki banyak keunggulan. “Ban ini ramah lingkungan, daya cengkeram kuat di jalan basah dan kering, serta meningkatkan efisiensi pemakaian bahan bakar,” kata Ridwan.

[Baca Juga: 5 Tanda Ban Mobil Harus Segera Diganti]

Mengenai harga, ban jenis ini bisa dibilang cukup terjangkau Misalnya untuk Champiro ECO ukuran 165/65 R14 dibandero Rp591.000. Sedangkan 175/65 R14 seharga Rp605.000.