bmwcci-omr-20-2.jpg

Ada Kategori Baru di BMWCCI One Make Race 2020

Minggu, 16 Februari 2020 1:00 | Aldi Prihaditama

OTOEVENT - Musim balap Indonesian Series of Motorsport tahun 2020 telah dekat, sejumlah agenda event dari masing-masing penyelenggara pun telah digagas. Salah satunya ialah seri balap BMW Car Clubs Indonesia (BMWCCI) One Make Race 2020 yang akan berlangsung selama 6 seri selama tahun 2020 ini. Kompetisi One Make Race untuk kendaraan BMW ini telah dipelopori oleh BMWCCI sejak tahun 2018 silam.

Jika dua musim balap selama 2 tahun terakhir, kategori kendaraan untuk event BMWCCI One Make Race hanya menggunakan BMW Seri 3 tipe E36 318i dengan kelas Rookie dan Advance saja, maka untuk musim balap 2020 ada tambahan kategori kendaraan. Tahun ini BMWCCI One Make Race akan diramaikan dengan kategori kendaraan BMW Seri 3 tipe E30 318i dengan kelas Open.

BMWCCI berharap dengan adanya kategori kendaraan baru ini bakal menjaring peserta lebih banyak.

“Tujuan diadakannya BMWCCI One Make Race ini ialah mewadahi para anggota BMWCCI yang memiliki minat dalam dunia motorsport. Selain itu, kami ingin menjadi klub mobil yang dapat melahirkan para pembalap muda untuk dapat berkompetisi tak hanya di Indonesia saja, namun juga di tingkat internasional,” jelas Aditya Kurniawan, selaku Ketua Pelaksana BMWCCI One Make Race 2020, di sela-sela acara launching BMWCCI Club Event dan sosialisasi regulasi balap BMWCCI One Make Race 2020 (15/2/20).

Penambahan kategori kendaraan ini tentunya akan membuat seri balap BMWCCI One Make Race semakin seru dan menantang. Mengingat kendaraan BMW E30 318i memang menjadi salah satu tipe mobil yang amat dikenal oleh para antusias BMW di Tanah Air. Agar seri balap tetap kompetitif, regulasi teknis yang dikukuhkan oleh BMWCCI Motorsport Division selaku promotor dan organizing committee pun tergolong ketat.

Regulasi ketat sengaja dibuat demi menjaga sportivitas dan profesionalisme saat mengikuti balap BMWCCI One Make Race.

“Mayoritas komponen mobil dalam seri balap BMWCCI One Make Race, baik untuk tipe E36 maupun E30, harus tetap menggunakan bawaan asli BMW atau tidak diperbolehkan memakai produk aftermarket atau racing parts. Jika ada modifikasi, setidaknya masih menggunakan milik BMW lain tapi bukan dari komponen BMW M Performance,” kata Antonius GP, selaku Dewan Teknis BMWCCI Motorsport Division.

[Baca Juga: BMW Garmisch, Mobil Konsep BMW yang Hilang Misterius]

Hal tersebut tak lain untuk menjaga sportivitas dan profesionalisme antar tim maupun pembalap dalam berkompetisi di sirkuit. Regulasi teknis yang ketat dalam membatasi ubahan atau modifikasi kendaraan tentu diiringi dengan sejumlah ketentuan teknis dalam hal keamanan dan keselamatan, sesuai dengan peraturan yang dirilis oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI).