Ilustrasi memilih mobil bekas.jpg

6 Tips Memilih Mobil Bekas untuk Mudik Lebaran

Kamis, 16 Mei 2019 16:00 | Galih Pratama

Menjelang mudik Lebaran, kebutuhan akan kendaraan, khususnya mobil meningkat. Selain digunakan untuk mudik Lebaran, ada sebagian masyarakat yang ingin meng-upgrade kendaraannya. Bagi yang memiliki budget lebih, pilihannya terbaik adalah mobil baru. Sementara bagi minim budget tak perlu khawatir, ada mobil bekas berkualitas alternatifnya.

Khusus bagi Anda yang ingin membeli mobil bekas untuk mudik Lebaran, banyak hal yang memang harus diperhatikan. Selain tampilan luar, Anda juga harus jeli melihat setiap komponen pada mobil tersebut. Berikut beberapa tips memilih mobil bekas untuk mudik Lebaran berkualitas:

1 Catatan Servis Lengkap

Dilansir dari otospector.co.id, Kamis (16/5/2019), salah satu kelengkapan penting yang harus ditanyakan adalah service record. Pasalnya, mobil yang terawat secara rutin tentunya akan memiliki performa dan kondisi lebih prima, khususnya digunakan untuk mudik Lebaran.

[Baca Juga: Pilihan Mobil Bekas di Bawah Rp100 Juta untuk Mudik Lebaran]

Jika memungkinkan, pilih mobil yang selalu diservis di bengkel resmi, sehingga Anda bisa memastikan keaslian odometer mobil bekas incaran Anda.

2 Jangan Tergiur Harga Miring

Anda harus berhati-hati dan jeli memeriksa mobil apabila harga jauh di bawah pasaran. Ini dikarenakan banyak mobil bekas kecelakaan dan banjir yang dijual kembali dengan harga mudah. Selain itu, penjual juga kadang memasang harga murah hanya untuk memancing supaya pembeli datang ke showroom-nya untuk ditawarkan mobil lain.

3 Periksa Interior dan Aksesori

Hal lain yang harus jeli diperhatikan bagian interior dan aksesori mobil. Pertama, periksalah bagian interior mobil. Ada banyak komponen yang harus dicek fungsinya, misalnya AC, sistem audio, dan switch lampu. Pastikan semua fitur tersebut bekerja dengan baik.

Setelah itu, cobalah Anda duduki jok depan dan belakang apakah masih nyaman atau tidak, periksa kondisi dasbor, plafon, karpet. Perhatikan juga bau interior mobil. Jika berbau apek, kemungkingan salah satu indikasinya mobil tersebut pernah kena banjir.

4 Cek Body Mobil

Setelah interior, Anda bisa beranjak memeriksa bagian body mobil. Pastikan komponen seperti pintu, kap mesin, dan kaca mobil, masih orisinil atau tidak. Selain itu, perhatikan juga kondisi cat mobil, terkadang mobil menjadi belang dikarenakan perbaikan yang kurang rapi atau perawatan yang kurang dari pemiliknya.

Hal penting lainnya adalah memeriksa struktur rangka utama mobil tersebut. Pastikan rangka mobil masih dalam keadaan prima, tidak ada bekas tabrakan atau perbaikan.

5 Melihat Kondisi Mesin

Memeriksa bagian mesin merupakan bagian penting dalam memilih mobil bekas. Mobil harus mudah di-starter, kemudian pastikan suara mesin tidak kasar dan perhatikan apakah ada kebocoran pada komponen mesin. Bila Anda kurang faham mengenai mesin, tak ada salahnya membawa teman atau mekanik untuk melakukan pengecekan.

Lalu, mintalah untuk melakukan test drive pada penjual mobil tersebut. Selain memeriksa performa mesin, rem, transmisi, dan kaki-kaki mobil, pada langkah ini juga Anda bisa menguji kenyamanan kendaraan tersebut.

[Baca Juga: Tiga Cara Mudah Merawat Shockbreaker Mobil Agar Tetap Awet]

6 Kelengkapan Dokumen

Terakhir, periksalah kelengkapan surat kendaraan, seperti STNK, BPKB, dan Faktur. Jika mobil yang ingin Anda beli adalah built-up, tanyakan Form A mobil tersebut. Cocokkan juga nomor rangka dan mesin mobil sesuai dengan surat-surat.

Demikianlah 6 tips memilih mobil bekas untuk mudik Lebaran. Memilih mobil bekas memang butuh ketelitian dalam memeriksa setiap komponen mobil. Ini menjadi penting untuk menjamin mobil yang Anda beli sesuai ekspektasi, nyaman, serta aman ketika digunakan untuk mudik Lebaran.

Artikel Lainnya

/media/images/Kode-Oli-Mesin.original.jpg

Memahami Arti Kode pada Oli Mesin Mobil

/media/images/Mesin-Renault-4.original.jpg

Tips Menjaga Performa Mesin Mobil Klasik

/media/images/Aquaplaning.original.jpg

Musim Hujan, Waspada Bahaya Aquaplaning

/media/images/Indikator-Bensin-Habis.original.jpg

Hindari Kondisi Bensin Mobil Hampir Habis!