Ilustrasi ban mobil.jpg

5 Tanda Ban Mobil Harus Segera Diganti

Senin, 19 Agustus 2019 17:00 | Galih Pratama

Ban merupakan salah satu komponen penting pada mobil. Mengingat, komponen ini satu-satunya bagian yang kontak langsung permukaan jalan. Oleh karenanya, ban mobil harus mendapatkan perhatian khusus dari pemilik mobil.

Jika ban sudah tak layak pakai, tentunya wajib diganti. Lalu, bagaimana cara mengetahui kalau ban mobil sudah mesti diganti? Melansir laman suzuki.co.id, Senin (19/8/2019), setidaknya ada lima tanda ban mobil perlu diganti.

1. Ban Berumur Lebih dari 3 Tahun

Perlu diketahui, bahan utama ban mobil adalah karet elastis. Kelenturan karet ban akan terus berubah seiring dengan waktu pemakaian. Lama kelamaan, tingkat elastisitas karet akan berkurang menjadi getas.

Usia ideal ban mobil adalah 3 tahun. Untuk itu, ada baiknya Anda segera untuk mengganti ban. Meskipun kembangnya masih tebal karena jarang digunakan, ban yang sudah lebih dari 3 tahun, umumnya sudah mengeras atau tidak lentur. Otomatis sudah tak nyaman lagi untuk digunakan.

[Baca Juga: Bahaya Ban Mobil Kelebihan atau Kekurangan Angin]

2. Jarak Tempuh Sudah 40.000 Km

Selain umur, jarak tempuh mobil kendaraan juga menjadi patokan Anda mengganti ban mobil. Jika jarak tempuh sudah 40.000 km, meskipun belum sampai 3 tahun usia pakai, ban juga disarankan untuk diganti. Untuk pemakaian normal, biasanya mobil menempuh jarak sekitar 15-20 ribu km tiap tahun, dan 40 ribu km bisa tercapai dalam waktu kurang lebih dari 2-3 tahun.

3. Ketebalan Tapak Ban

Apabila ban sudah mencapai batas Tread Wear Indicator (TWI) yang berbentuk segitiga, maka ban sudah harus diganti segera. Ada 2 posisi indikator TWI pada ban, yakni bagian tepi ban dan bagian tengah telapak ban. Untuk di tepi akan tampak segitiga kecil di area bawah kembang ban. Sedangkan yang di tengah telapak ban berupa tonjolan yang tak sampai ketinggian kembang ban.

[Baca Juga: Beli Ban Bridgestone Makin Mudah Lewat Aplikasi TOMOnet]

4. Ban Gundul

Ada satu kondisi yang menyebabkan ban harus segera diganti, yakni ban gundul. Walaupun kondisi ban gundul di tengah, dan di bagian tepi kembangnya masih bagus, ada baiknya ban harus diganti. Pemilik mobil harus ingat, tak perlu menunggu bagian lai ban gundul baru diganti, karena hal tersebut bisa berisiko pada keselamatan Anda berkendara.

5. Ada Benjolan pada Ban

Terakhir adanya benjolan pada ban. Benjolan pada ban adalah pertanda adanya anyaman benang atau kawat penguat konstruksi ban yang putus. Kalau sudah terjadi benjolan, itu artinya ketahanan ban sudah tidak sama. Ban akan lebih mudah pecah karena adanya beberapa bagian ban yang tidak kuat lagi menahan tekanan udara.

Itulah 5 tanda ban mobil Anda harus segera diganti. Tanda tersebut bisa menjadi patokan Anda dalam mengganti ban mobil. Jadi, perhatikan kelima tanda tersebut pada mobil Anda.

Artikel Lainnya

/media/images/Ilustrasi_Kaca_Film.original.jpg

Begini Cara yang Benar Merawat Kaca Film Mobil

/media/images/Indikator_Check_Engine.original.jpg

5 Penyebab Lampu Indikator Check Engine Menyala

/media/images/Transmisi_Otomatis.original.jpg

Tiga Hal Sepele Ini Bikin Mobil Matik Cepat Rusak