Logo-logo mobil.jpg

5 Makna Logo Merek Mobil yang Jarang Diketahui Orang

Jumat, 22 Februari 2019 10:00 | Inggil Yustiar

Setiap mobil yang kita jumpai di jalan pasti mempunyai ciri khas. Salah satu yang menandakan ciri khas tersebut adalah logo. Biarpun bentuk dan model selalu berubah-ubah, logo akan tetap sama, walaupun ada perubahan

Pada dasarnya, logo bukan hanya sekadar simbol identitas sebuah produk. Lebih luasnya, logo mempunyai fungsi penting sebagai identitas untuk memperkenalkan produk sesuai target. Dengan begitu, target pasar akan selalu mengingat dengan mudah identitas sebuah produk tersebut.

Membuat logo sendiri tidak mudah, dan tidak sembarang orang bisa melakukannya. Ada makna dari setiap simbol maupun teks yang diterapkan ke sebuah logo. Begitu juga dengan logo-logo pada merek mobil terkenal. Meski begitu, masih banyak orang tidak mengetahui apa makna di balik logo-logo tersebut.

[Baca Juga: 4 Tips Merawat Mobil Matik]

Menarik untuk disimak makna dari logo pada merek-merek mobil terkenal. Lebih lanjutnya tentang makna logo merek mobil terkenal, simak ulasan dari tim Otopedia yang diambil dari beberapa sumber berikut:

  1. BMW

Sebagai salah satu mobil mewah, BMW menjadi idola bagi setiap pecinta otomotif. Mobil pabrikan asal Jerman ini mempunyai logo berwujud lingkaran yang terbagi empat dengan dua warna berbeda putih dan biru langit.

Logo BMW.jpg

Logo pada BMW melambangkan baling-baling pesawat yang berputar di langit biru. Sesuai dengan sejarahnya, BMW kala itu merupakan pemasok utama mesin pesawat terbang untuk pemerintah Jerman selama Perang Dunia I. Ketika perang tersebut berakhir, yakni pada 1918, BMW memulai bisnis baru dengan beralih ke alat transportasi lainnya.

2. Toyota

Mobil pabrikan Jepang ini tidak pernah ketinggalan untuk mengeluarkan model barunya. Namun, tidak banyak orang yang mengetahui makna dari logo Toyota. Dengan bentuk elipsnya, logo Toyota pertama kali dikenalkan pada tahun 1990. Logo Toyota melambangkan tiga jiwa yaitu jiwa pelanggan, jiwa produk dan jiwa proses pembuatan.

Logo Toyota.jpg

Harapan dari makna pada logo Toyota berdasarkan pernyataan sang pembuat logo sendiri, yakni mempersatukan sebuah produk kepada pembuat dan konsumen dengan hati dan jiwa yang kuat.

3. Hyundai

Merek mobil Hyundai sudah dikenal oleh banyak orang. Dengan logo khasnya yang mudah dikenali dalam dunia otomotif, Hyundai menjadi salah satu merek mobil populer.

Logo Hyundai.jpg

Di balik bentuk lingkaran berbentuk oval dengan huruf H di dalamnya, banyak orang mengira bahwa huruf H tersebut melambangkan singkatan dari Hyundai sendiri. Ternyata, ada makna lain yang tersirat pada bentuk huruf H tersebut, yakni dua orang yang sedang berdiri dan berjabat tangan. Hal tersebut melambangkan kepercayaan antara perusahaan dan pelanggan.

Sementara pada warna biru logo Hyundai juga melambangkan keandalan, keunggulan, dan supremasi merek. Sedangkan warna silver mencerminkan kecanggihan, kreativitas, dan kesempurnaan.

4. Volkswagen

Sekilas, logo pada mobil pabrikan Jerman ini terlihat sederhana. Namun, kesederhanaan tersebutlah yang membuat simbol pada VW ini dapat dikenal orang dengan mudah, sekalipun orang awam. Logo VW sendiri dibuat oleh Franz Reimspiess yang diperoleh dalam sebuah kompetisi.

Logo VW.jpg

Dua huruf pada logo VW mempunyai maknanya masing-masing. Huruf V merupakan singkatan dari kata ‘Volks’ yang berarti orang dalam bahasa Jerman. Sedangkan huruf W singkatan dari ‘Wagen’ yang berarti mobil. Jika digabungkan kedua huruf tersebut mempunyai makna, mobil yang cocok dipakai oleh orang Jerman.

5. Mercedes-Benz

Siapa tidak kenal dengan merek mobil satu ini. Produsen mobil yang bermarkas di Stuttgart, Jerman ini merupakan salah satu ikonik dalam dunia otomotif. Mempunyai logo yang mudah dikenali sekalipun bagi orang awam, Mercedes-Benz merupakan mobil mewah paling populer.

Logo Mercedes.jpg

Logo Mercedes-Benz berwujud segitiga dalam sebuah lingkaran. Segitiga tersebut melambangkan bintang yang mempunyai makna sebuah harapan dan cahaya yang bersinar terang. Sedangkan sudut pada masing-masing segitiga tersebut melambangkan dominasi darat, laut dan udara.