4 tips mudah merawat dasbor mobil.jpg

4 Tips Mudah Merawat Dasbor Mobil

Kamis, 24 Januari 2019 11:00 | Inggil Yustiar

Sebagai salah satu komponen interior penting di mobil, dasbor tentu mempunyai banyak kegunaan bagi empunya mobil. Peran pada dasbor sendiri berupa panel berbagai switch dari AC hingga sistem audio, selain itu komponen tersebut juga menjadi faktor kenyamanan dalam berkendara.

Karena letaknya yang langsung terkena sinar matahari, tidak jarang warna pada dasbor dapat berubah menjadi kusam, terutama ketika memarkir mobil dalam waktu yang lama, dan langsung mengenai terik matahari. Selain itu, debu pada dalam mobil yang menempel pada dasbor, juga mempengaruhi penampilan dasbor yang terlihat kusam, bahkan dapat merusak pula.

Dengan demikian sebagai pemilik mobil, Anda wajib melakukan perawatan secara rutin guna menjaga dasbor agar tetap dalam tampilan yang bersih. Dengan tampilan yang bersih pada dasbor, dapat mempengaruhi kenyamanan dalam berkendara.

[Baca Juga: Fungsi Lain Headrest Yang Harus Anda Ketahui]

Simak artikel berikut ini, empat tips mudah yang bisa Anda lakukan untuk merawat dasbor:

1 Pasang Lapisan Pelindung

4 tips mudah merawat dasbor mobil.jpg

Langkah yang satu ini bisa dibilang dapat menjaga dasbor mobil Anda terlihat bersih sekaligus awet. Anda hanya tinggal menyemprotkan pembersih dasbor yang mempunyai bahan dasar water base. Setelah itu lap kembali dengan kain bersih. Kemudian pasang pelindung dasbor agar terlindungi dari paparan sinar matahari, kotoran, dan juga debu. Perlu dicatat untuk memasang pelindung harus perhatikan pula letak airbag mobil Anda, jangan sampai pelindung tersebur menghalangi jalan keluarnya airbag. Pelindung dasbor sendiri banyak dijual pada bengkel-bengkel mobil dan juga toko otomotif.

2. Gunakan Lap Microfiber

4 tips mudah merawat dasbor mobil.jpg

Untuk membersihkan kotoran dan debu pada dasbor mobil Anda, cukup menggunkan lap microfiber yang dapat ditemui di bengkel atau toko perawatan kendaraan. Perlu diperhatikan saat menggunkan lap tersebut, cukup gunakan sedikit air. Pada dasarnya microfiber dapat menyerap air dengan baik oleh karena itu jangan beri banyak air yang terpenting dibuat lembab saja. Kemudian, secara perlahan Anda bisa membersihkan bagian dasbor yang diinginkan.

3. Gunakan Sikat Gigi

4 tips mudah merawat dasbor mobil.jpg

Ada beberapa bagian pada dasbor yang sulit terjagkau oleh tangan, seperti celah-celah kecil yang ada. Oleh karena itu Anda bisa memanfaatkan sikat gigi yang dapat masuk pada lubang kecil tersebut. Agar lebih maksimal Anda bisa beri sedikit percikan air dan sedikit sabun pada ujungnya. Tujuannya agar kotoran dapat menempel pada sikat. Sebagai catatan, Anda harus memilih sikat gigi yang memiliki tekstur bulu lembut, agar tidak menggores permukaan dasbor mobil.

4. Semprot Menggunakan Cairan Pembersih

4 tips mudah merawat dasbor mobil.jpg

Langkah selanjutnya, bisa Anda lakukan setelah permukaan dasbor bebas dari debu dan noda. Semprotkan cairan pembersih pada bagian interior mobil Anda. Cairan pembersih dasbor dapat berupa cairan atau foam, yang bisa Anda beli di toko perawatan mobil. Sebagai catatan jangan Anda gunakan cairan pembersih yang mengandung silicone, dan juga sabun cuci atau pembersih rumah tangga, karena dapat membuat permukaan dasbor belang. Pada dasarnya dasbor terbuat dari bahan khusus yang sensitif terhadap pembersih biasa.

Artikel Lainnya

/media/images/Teknik-Pengereman-Musim-Hujan.original.jpg

Teknik Pengereman yang Benar Saat Kondisi Hujan

/media/images/Tips-Merawat-Mobil-di-Musim-Hujan.original.jpg

Tips Merawat Mobil di Musim Hujan

/media/images/Pengemudi-Wanita.original.jpg

Tips Berkendara Aman Untuk Wanita

/media/images/Kode-Oli-Mesin.original.jpg

Memahami Arti Kode pada Oli Mesin Mobil