AC Mobil.jpg

4 Kebiasaan Buruk Penyebab AC Mobil Cepat Rusak

Rabu, 26 Juni 2019 15:00 | Galih Pratama

Keberaraan fitur air conditioner (AC) dalam kendaraan mobil bisa dibilang cukup vital. AC memberikan kenyamanaan saat berkendara. Apalagi berkendara di tengah terik matahari, fitur ini menjadi penyelamat dengan memberikan kesejukan di dalam kabin.

Sayangnya, banyak di antara kita terkadang kurang memperhatikan hal-hal yang bisa menyebabkan AC mobil cepat rusak. Selain kurang perawatan, kebiasaan yang kurang baik dalam berkendara juga ternyata bisa berdampak AC mobil cepat rusak. Berikut beberapa hal yang menyebabkan AC mobil cepat rusak:

1 Mematikan Mesin Mobil Ketika AC Masih Menyala

Matikan AC Mobil.jpg

Dilansir dari autos.id, Rabu (26/6/2019), kebiasaan tersebut sepertinya cukup sering dilakukan sebagian pengemudi. Ternyata, kebiasaan tersebut berdampak buruk pada AC mobil. Pasalnya, ketika akan menyalakan mesin kembali, posisi AC yang masih on secara otomatis akan langsung bekerja.

Ingat, aki mobil akan bekerja ekstra keras saat mobil baru pertama kali dinyalakan. Karena kinerja aki tak bisa maksimal, arus listrik yang dihasilkan pun menjadi kurang stabil. Kondisi inilah yang akan memengaruhi kelistrikan AC.

[Baca Juga: Cara Hilangkan Embusan Bau Tak Sedap dari AC Mobil]

2 Membuka Jendela Terlalu Lama Ketika AC Menyala

Buka kaca mobil.jpg

Kebiasaan lain yang kerap dilakukan pengemudi maupun penumpang adalah membuka jendela terlalu lama ketika AC mobil menyala. Rupanya, hal ini bisa menyebabkan kinerja kompresor AC dalam membuat suhu ideal di dalam kabin jadi lebih berat. Akibatnya, membuat AC harus bekerja ekstra dan mudah rusak.

3 Merokok dalam Mobil

Merokok dalam mobil.jpg

Sepertinya kebiasaan merokok dalam mobil paling sering dilakukan, baik oleh pengemudi maupun penumpangnya. Padahal, asap dan debu dari rokok bisa berdampak pada kinerja AC. Keduanya (asap dan debu) bisa masuk ke dalam filter, dan akan membuat filter AC menjadi kotor. Akibatnya, pendinginan di dalam kabin menjadi kurang maksimal.

4 Kurang Menjaga Kebersihan Kabin

Sampah dalam kabin mobil.jpg

[Baca Juga: Cara Mudah Ketahui Freon AC Mobil Masih Bagus atau Tidak]

Terakhir, kebiasaan yang juga paling sering terjadi adalah meninggalkan sampah dan kotoran dalam kabin mobil. Kebiasaan tersebut harus segera dihilangkan. Selain menyebabkan udara tak sedap, sampah dan kotoran tersebut bisa menimbulkan debu dalam kabin. Debu tersebut bisa terbawa masuk dan keluarfilter AC, dan hal inilah yang membuat filter menjadi cepat rusak.

Itulah 4 kebiasaan buruk dalam berkendara yang menyebabkan AC mobil Anda cepat rusak. Mulai sekarang, ubahlah kebiasaan tersebut demi menjaga kinerja AC tetap optimal. Sehingga Anda pun bisa melakukan perjalanan dengan nyaman.

Artikel Lainnya

/media/images/Teknik-Pengereman-Musim-Hujan.original.jpg

Teknik Pengereman yang Benar Saat Kondisi Hujan

/media/images/Tips-Merawat-Mobil-di-Musim-Hujan.original.jpg

Tips Merawat Mobil di Musim Hujan

/media/images/Pengemudi-Wanita.original.jpg

Tips Berkendara Aman Untuk Wanita

/media/images/Kode-Oli-Mesin.original.jpg

Memahami Arti Kode pada Oli Mesin Mobil