Solusi agar jok kembali empuk.jpg

3 Solusi Agar Jok Empuk Kembali

Rabu, 30 Januari 2019 17:00 | Inggil Yustiar

Bagi pemilik mobil, berkendara dengan interior yang nyaman tentu menjadi nilai lebih. Salah satu komponen yang menunjang rasa nyaman ini adalah jok. Semakin nyaman jok mobil, pengendara pun tidak merasa cepat lelah. Oleh karena itu, ada beberapa pabrikan mobil yang membuat standarisasi pada komponen jok.

Bahan dasar dari jok adalah busa atau foam yang merupakan hasil reaksi oksidasi dari bahan kimia seperti poliyol. Bahan-bahan tersebut sama seperti yang digunakan untuk bantal maupun landasan jok mobil. Semakin besar kualitas dari busa yang digunakan, maka jok pada mobil tidak mudah kempes.

[Baca Juga: Tips Hemat Bensin]

Seiring berjalannya waktu, jok mobil tidak terasa nyaman lagi seperti saat pertama kali. Pasalnya, bahan jok sendiri terbuat dari busa yang bisa saja kempes. Belum lagi ketika jok mobil sering terkena air yang akan mudah menyerap dan lama kelamaan menjadi keras. Hal tersebut dapat membuat sang pengendara dan penumpang tidak nyaman selama berada di dalam mobil.

Jok mobil empuk.jpg

Artikel berikut ini akan menjelaskan bagaimana cara memperbaiki jok mobil yang keras. Dengan demikian Anda tidak perlu khawatir lagi saat berkendara:

  1. Keringkan Jok Mobil

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahan dasar dari jok adalah busa. Air merupakan musuh besar dari jok yang berbahan busa. Jika terlalu sering terkena air, maka jok mobil akan terasa keras.

Keringkan jok mobil.jpg

Jika jok mobil terkena air, baik dari tumpahan air minum maupun terkena air hujan, keringkan jok mobil tersebut. Cara untuk mengeringkan bisa menggunakan hair dryer atau, alangkah lebih baiknya jika Anda jemur mobil selama seharian penuh. Hal tersebut dilakukan agar jok mobil kering kembali. Umumnya, jok yang berbahan busa akan kembali seperti semua jika terkena panas matahari.

2. Menambahkan Busa

Tambahkan busa jokjpg

Jika Anda merasa jok terasa begitu keras, maka Anda dapat memperbaikinya dengan menambah busa. Penambahan busa jok pada bagian yang kempes bertujuan agar jok menjadi tebal kembali. Cara tersebut membuat Anda nyaman ketika berkendara. Untungnya, penambahan busa pada satu jok mulai dari Rp400 ribuan.

3. Gunakan Pelindung

Cara yang satu ini bertujuan agar jok mobil Anda semakin awet. Jok mobil Anda akan tetap empuk dalam waktu yang lama jika menggunakan seat cover atau sarung jok. Selain itu sarung jok juga berfungsi untuk melindungi jok mobil dari air.

Pelindung  Jok mobil.jpg

Pilihlah sarung jok dengan bahan kulit asli. Meskipun harganya mahal namun soal kualitas tidak perlu diragukan lagi. Dengan bahan kulit, air tidak akan masuk ke dalam busa. Anda pun cukup mengelapnya jika jok terkena air. Jika dirasa terlalu mahal dengan bahan kulit, Anda bisa memilih bahan sintetis dengan harga yang lebih terjangkau, namun kualitasnya tidak jauh berbeda.

Artikel Lainnya

/media/images/Teknik-Pengereman-Musim-Hujan.original.jpg

Teknik Pengereman yang Benar Saat Kondisi Hujan

/media/images/Tips-Merawat-Mobil-di-Musim-Hujan.original.jpg

Tips Merawat Mobil di Musim Hujan

/media/images/Pengemudi-Wanita.original.jpg

Tips Berkendara Aman Untuk Wanita

/media/images/Kode-Oli-Mesin.original.jpg

Memahami Arti Kode pada Oli Mesin Mobil