3 Jenis Lampu agar Mobil Terlihat Elegan.jpg

3 Jenis Lampu agar Mobil Terlihat Elegan

Rabu, 30 Januari 2019 9:00 | Inggil Yustiar

Salah satu cara untuk membuat tampilan mobil terlihat elegan adalah mengganti lampu standar dengan lampu aftermarket. Terlebih tammpilan lampu standar pabrikan mobil memang terlihat biasa-biasa saja. karena itu, banyak lampu modifikasi yang dijual di luar dealer resmi untuk membuat tampilan mobil Anda lebih elegan.

[Baca Juga: 4 Tips Memilih Oli Mesin yang Tepat]

Apa sajakah lampu tersebut? Simak artikel dari otopedia.com ini untuk Anda yang ingin tampilan mobilnya terlihat lebih elegan:

  1. HID

Kelebihan dari lampu jenis ini adalah pengendara dapat lebih jelas melihat jalan, terlebih pada malam hari atau tempat-tempat yang minim penerangan. Lampu High Intesity Discharge (HID) adalah lampu yang berisi gas xenon. Gas tersebut akan menyala ketika dialiri listrik, sama halnya dengan lampu jenis neon. Menggunakan lampu jenis ini akan membuat tampilan mobil Anda lebih garang.

3 Jenis Lampu agar Mobil Terlihat Elegan.jpg

Meski harga pada lampu HID relatif mahal, cahaya sinar yang dihasilkan lebih terang jika dibandingkan dengan lampu standar. Agar semakin maksimal, ganti juga rumah lampu mobil seperti reflektor, mika, dan kaca. Sebab jika hanya bohlamnya saja yang diganti, intensitas cahaya yang dihasilkan oleh lampu tidak maksimal.

Perhatikan juga dalam menggunakan lampu ini. Pasalnya, cahaya yang dihasilkan oleh lampu HID dapat berbahaya bagi pengendara di sekitar, terutama yang datang dari arah berlawanan.

2. LED

Lampu light Emitting Diode (LED) saat ini banyak digunakan oleh pengguna mobil. Selain membuat tampilan mobil terlihat mewah, lampu LED juga hemat listrik. Pada mobil-mobil baru jenis tertentu, LED telah dijadikan sebagai standar lampu daytime running light (DRL).

3 Jenis Lampu agar Mobil Terlihat Elegan.jpg

LED merupakan lampu yang menggunakan semi konduktor dan hambatan. Meski intensitas cahaya yang dikeluarkan cukup besar bahkan mengalahkan HID, daya yang dikeluarkan oleh LED cukup kecil. Dalam mengaplikasikannya, LED tidak membutuhkan ballast seperti HID. Anda hanya perlu menambahkan relay maupun conversion kit.

Selain digunakan sebagai DRL dan lampu belakang, LED sering diaplikasikan sebagai penerang kabin. Tak hanya itu, produsen sistem audio dan panel kontrol juga sudah banyak yang menyematkan lampu ini sebagai pelengkap.

3. Halogen

Lampu halogen berisi filamen atau kawat pijar yang terbungkus kaca, di mana dalam kaca tersebut terdapat gas lembam dengan sedikit tambahan halogen seperi iodin atau bromin. Kelebihan dari lampu halogen adalah dapat beroperasi pada suhu tinggi, dan cahaya yang dihasilkan cukup terang dibandingkan lampu biasa.

Jenis lampu yang satu ini menjadi favorit bagi pemilik mobil dengan daya jelajah luas. Dengan kekuatan intensitas cahaya yang dimiliki, dapat membuat daya lampu semakin kuat. Kekurangan dari lampu jenis halogen ini adalah membutuhkan tenaga listrik yang besar sehingga dapat menguras aki.

3 Jenis Lampu agar Mobil Terlihat Elegan.jpg

Saat menggunakan lampu ini, Anda jangan memegang bagian kaca bohlam. Kaca bohlam lampu halogen yang tersentuh tangan akan membuat bekas minyak sehingga suhu menjadi lebih dingin dibandingkan dengan permukaan yang bersih. Dengan begitu, pancaran lampu yang dikeluarkan pun

akan menurun jika suhu tidak optimal. Sebaiknya, Anda gunakan alat bantu seperti tisu atau kain halus saat memasang lampu tersebut.

Artikel Lainnya

/media/images/Ban-Mobil.original.jpg

Pilih Mana, Ban Radial atau Bias?

/media/images/Kampas-Rem-Mobil.original.jpg

Tanda-tanda Kampas Rem Mobil Aus

/media/images/Oli-Transmisi-Matik.original.jpg

Cara Tepat Menguras Oli Transmisi Mobil Matik