New Nissan LEAF.jpg

2020, New Nissan LEAF Masuk Pasar Otomotif Indonesia

Selasa, 19 Maret 2019 9:00 | Galih Pratama

Kini, teknologi otomotif tengah mengarah ke elektrifikasi. Sejumlah pabrikan mobil ternama pun berlomba menghadirkan inovasi mobil listriknya. Tak terkecuali Nissan, pabrikan asal Jepang ini akan memperluas jaringan mobil listriknya ke Asia Tenggara. Rencananya, pada tahun 2020 mereka akan menghadirkan mobil listriknya, yakni New Nissan LEAF ke pasar otomotif Indonesia dan Filipina.

“Menghadirkan New Nissan LEAF ke Indonesia dan Filipina adalah langkah utama dalam upaya mendorong kesadaran serta mewujudkan mobilitas yang terelektrifikasi di Asia dan Oceania,” kata Yutaka Sanada, Regional Senior Vice President and Head of Asia & Oceania dalam siaran pers yang diterima Otopedia pada Selasa (15/3/2019).

Sanada melanjutkan, percepatan teknologi elektrifikasi ini juga termasuk lokalisasi dan perakitan komponen kendaraan New Nissan LEAF di Indonesia dan Filipina.

[Baca Juga: All New Nissan Livina Rasa Xpander Resmi Mengaspal]

"Selain memperkenalkan mobilitasi yang terelektrifikasi, Nissan berupaya membuatnya lebih mudah diakses melalui lokalisasi dan perakitan komponen kendaraan listrik di pasar-pasar utama di Asia Tenggara," tambah Sanada.

Sejak dipasarkan pada 2010, Nissan LEAF telah terjual sebanyak 400.000 unit. Ini menjadikan Nissan LEAF sebagai kendaraan mobil listrik terlaris di dunia. Tahun ini, Nissan telah memperkenalkan kendaraan listrik ini ke Australia, Selandia Baru, Singapura, Korea Selatan, Thailand, Hong Kong, dan Malaysia.

New Nissan LEAF merupakan ikon dari Nissan Intelligent Mobility ini merupakan visi perusahaan untuk membawa masyarakat ke dunia yang lebih baik dengan mengubah cara mobil ditenagai, dikendarai, dan terhubung dengan ekosistem di sekitarnya.

Kehadiran New Nissan LEAF bersama jajaran model e-POWER ini sekaligus menandai langkah penting dalam mobilitas yang terelektrifikasi di Asia dan Oceania. e-POWER merupakan teknologi milik Nissan yang memberikan pelanggan manfaat atas kendaraan listrik, tanpa memerlukan tempat pengisian daya dari luar. Nissan Serena e-POWER akan menjadi e-POWER pertama yang diluncurkan di kawasan ini, dimulai dari Singapura pada tahun ini.

[Baca Juga: All New Nissan Serena, MPV dengan Sentuhan Dua Warna]

Spesifikasi New Nissan LEAF

New Nissan LEAF dilengkapi dengan baterai 40 kWh yang mampu menempuh jarak 243 kilometer (km) untuk sekali pengisian daya (berdasarkan hitungan EPA), atau 270 km dalam dasar penghitungan World Harmonized Light Vehicle Test Procedure (WLTP).

Mobil besutan brand asal Jepang ini ditenagai oleh motor listrik 110 kilowatts dengan muntahan daya 149 PS dan torsi 320 N.m. Performa tersebut lebih dari cukup untuk memboyong mobil dengan berat kosong 1.580 – 1.640 kilogram ini.

Sementara nama LEAF sendiri merupakan singkatan dari Leading, Environmentally friendly, Affordable, Family car.