Suzuki Pick Up.jpg

2019 Penjualan Suzuki Tembus 102.865 Unit, Produk Lokal Mendominasi

Rabu, 5 Februari 2020 12:00 | Galih Pratama

OTONEWS – Tahun lalu, menjadi momen yang cukup berat bagi pelaku industri otomotif. Performa industri ini secara nasional mengamali penururan sekira 11 persen dari tahun sebelumnya. Fakta tersebut nyatanya tak menggoyahkan penjualan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), selaku Agen Pemegang Merek (APM) Suzuki di Indonesia. Sepanjang 2019, mereka berhasil mencatat penjualan retail sales mobil sebanyak 102.865 unit.

Menariknya, kontribusi penjualan terbesar Suzuki pada tahun lalu berasal dari produk dalam negeri. Di mana penjualan produk lokal menyumbang kontribusi sebesar 87,1 persen terhadap angka penjualan Suzuki secara nasional.

Suzuki New Carry masih menjadi produk yang paling laris manis dari Suzuki. Sepanjang 2019, pikap Suzuki ini mampu mencatat penjualan sebanyak 54.943 unit. Suzuki juga mengklaim pikap itu mampu merajai pasar low pick up dengan pangsa pasar sebesar 56,8 persen.

[Baca Juga: Suzuki Luncurkan Pelumas Ecstar untuk Mobil, Simak Keunggulannya]

Sementara di posisi kedua disusul All New Ertiga dengan total penjualan sebanyak 26.377 unit. Untuk menggenjot penjualan model ini, Suzuki juga telah memberikan penyegaran minor terhadap All New Ertiga di awal 2020.

Prestasi penjualan mobil Suzuki secara keseluruhan tak lepas dari sejumlah strategi Suzuki yang telah sukses diaplikasikan pada tahun lalu. Salah satunya adalah dengan meluncurkan produk baru yang cukup menyita perhatian pasar otomotif. Misalnya peluncuran All New Ertiga Sport, New Carry Pick Up, Jimny, dan New Baleno yang baru diperkenalkan pada Desember tahun lalu.

Atas capaian tersebut, Seiji Itayama selaku President Director PT SIS mengucapkan, terima kasih atas kepercayaan dan dukungan pelanggan Indonesa selama 2019 untuk terus memilih mobil Suzuki.

“Ini semakin menunjukkan bahwa para pelanggan serta institusi tersebut memberikan kepercayaanya kepada kami. Di tahun ini, kami akan terus berinovasi dengan memberikan produk yang sesuai pasar dan meningkatkan industri otomotif di Indonesia,” ujarnya saat acara Media Gathering Suzuki 2020 di kawasan SCBD, Jakarta, Selasa (4/2/2020).

[Baca Juga: Isuzu Astra Ekspor 6.000 Mobil Pick Up Traga ke Filipina]

Selain penjualan dalam negeri, Suzuki juga akan meningkatkan target ekspor pada 2020. Suzuki menargetkan akan mengekspor sebanyak 69.000 unit, baik dari segmen Completely Built-Up (CBU) ataupun Completely Knock-Down (CKD). Diketahui pada tahun lalu, mereka berhasil mencatat penjualan ekspor mencapai 66.433 unit ke 52 negara.

Artikel Lainnya

/media/images/Kia-Rio-Facelift-2.original.jpg

Kia Rio Facelift Kini Usung Mesin Hybrid Ringan

/media/images/Hyundai-Santa-Fe-Facelift.original.jpg

Hyundai Santa Fe 2021 Tak Sekadar Facelift